Kasus COVID Sleman Terkini: Klaster Lapas-Ruang Isolasi Mulai Overload

Tim Detikcom - detikNews
Selasa, 15 Jun 2021 10:25 WIB
Poster
Kasus COVID Sleman Terkini: Klaster Lapas-Ruang Isolasi Mulai Overload (Ilustrasi Foto: Edi Wahyono)
Jakarta -

Kasus harian COVID di Sleman, Yogyakarta mengalami peningkatan hingga saat ini. Bahkan muncul klaster di lapas hingga ruang isolasi di rusun Gemawang overload.

detikcom merangkumkan kabar terkini terkait COVID di Sleman:

COVID Sleman: Klaster Lapas Narkotika

Sebanyak 275 orang di lapas narkotika Kelas II A Yogyakarta terkonfirmasi positif COVID-19. Tak hanya dari warga binaan, para petugas lapas juga turut terinfeksi hingga menambah klaster baru di Sleman.

"275 kasus ini 13 orang karyawan lapas sisanya warga binaan. Iya itu klaster," kata Kepala Dinas Kesehatan Sleman Joko Hastaryo ditemui di Kampus Terpadu UII, Jalan Kaliurang KM 14, Sleman, Senin (14/6/2021).

Dugaan sementara, para narapidana yang terinfeksi COVID di Sleman disebabkan penularan dari seorang petugas lapas yang sempat pulang kampung. Proses tracing pun masih dilanjutkan karena sekitar 200 warga binaan belum dites swab.

"Masih ada 200 narapidana lagi yang harus kami swab," pungkasnya.

COVID Sleman: Pusat Perbelanjaan Ditutup

Sebuah pusat perbelanjaan atau swalayan ditutup sementara usai adanya 3 karyawan yang terkonfirmasi positif COVID di Sleman. Hal ini dilakukan untuk mencegah penularan dan melakukan prose sterilisasi.

Diketahui swalayan tersebut berada di Seturan, Kapanewaon Depok, Kabupaten Sleman. Rencananya hari ini swalayan tersebut sudah beroperasi normal.

"Tutup 3 hari. Selasa (15/6) sudah beroperasional lagi," kata Panewu Depok, Abu Bakar, saat dihubungi wartawan Sleman, Senin (14/6/2021).

Pihak swalayan diketahui melaporkan tiga karyawannya yang terkonfirmasi positif COVID ke Dinkes Sleman pada Jumat (11/6) pagi. Tindakan tes PCR pun dilakukan.

"Setelah itu kami ambil tindakan hari Jumat itu sudah di PCR yang semuanya. 41 orang PCR itu nunggu PCR yang kedua hasilnya," jelasnya.

COVID Sleman: Ruang Isolasi Overload

Usai kasus COVID di Sleman melonjak, kapasitas ruang isolasi yang berada di Asrama Haji dan Rusunawa Gemawang kini mulai penuh. Peningkatan kasus disebut terjadi akibat libur lebaran.

"Rusunawa Gemawang itu kapasitas 72 sekarang 75. Kemudian Asrama Haji itu sudah 60 persen terisi," jelas Joko.

Kini Pemkab Sleman bekerja sama dengan Universitas Islam Indonesia (UII) membuka shelter baru dengan meminjam asrama mahasiswa. Shelter rencananya akan beroperasi mulai 15 Juni 2021 dengan kapasitas 72 orang untuk pasien corona yang tanpa gejala atau gejala ringan

"Kita siapkan tambahan shelter di shelter UII ini," kata Joko.

(izt/imk)