Warga Medan Keluhkan Jalan Rusak, Bobby: Akan Diperbaiki Bulan Depan

Jihaan Khoirunnisaa - detikNews
Selasa, 15 Jun 2021 10:12 WIB
Wali Kota Medan Bobby Nasution
Foto: Pemko Medan
Jakarta -

Wali Kota Medan, Bobby Nasution memastikan akan memperbaiki Jalan Pancing I, di Kelurahan Besar, Kecamatan Medan Labuhan yang rusak bulan depan. Sebelum dilakukan perbaikan, jalan akan ditimbun guna meminimalisir risiko kecelakaan serta mencegah kerusakan semakin parah akibat genangan air saat hujan deras.

"Insyaallah, perbaikan akan kita lakukan bulan depan (Juli). Jalan tidak diaspal, melainkan dicor agar tahan lebih lama. Sebab, jalan ini, sering dilintasi truk dengan tonase berat," kata Bobby dalam keterangan tertulis, Selasa (15/6/2021).

Saat meninjau langsung lokasi, pada Senin (14/6), Bobby mengatakan rencana perbaikan tersebut untuk menindaklanjuti keluhan warga. Menurut keterangan Sunarti yang merupakan warga sekitar, tidak sedikit warga dan pengendara motor yang mengalami kecelakaan karena melewati jalan rusak.

"Bahkan, ada yang sampai meninggal dunia," katanya.

Mendengar hal tersebut Bobby menyampaikan keprihatinannya. Dia juga berjanji akan segera memperbaiki jalan tersebut.

"Sebelum kita beton, jalan lebih dahulu kita timbun. Jalan yang nanti beton sepanjang 1,1 km dengan kualitas yang baik. Pengerjaan rencananya 5 bulan," jelasnya.

Selanjutnya, organisasi perangkat desa (OPD) terkait akan berkoordinasi dengan sejumlah perusahaan di sekitar kawasan. Hal ini mengingat banyaknya truk yang melintas dengan sarat muatan, sehingga menjadi salah satu penyebab terjadinya kerusakan jalan.

"Kita minta agar perusahaan yang ada ikut merawat jalan yang nanti selesai dibeton," katanya.

Selain meninjau jalan rusak, Bobby Nasution yang didampingi Asisten Ekonomi dan Pembangunan Kota Medan Khairul Syahnan dan Kadis PU Kota Medan Zulfansyah meninjau drainase. Sebab, air selalu menggenangi jalan karena tidak ada saluran menuju drainase.

"Selain pembetonan jalan, saya minta agar Kadis PU dan Camat Medan Labuhan untuk memperhatikan drainase. Jangan lagi, air tergenang di jalan. Sama saja jalan yang sudah dibeton jika terus tergenang air, akan rusak kembali," tegasnya.

Upaya cepat tanggap Bobby pun mendapat sambutan dari warga sekitar. Mengingat kerusakan jalan sudah terjadi bertahun-tahun tanpa dilakukan perbaikan.

"Terima kasih Pak Wali atas kepeduliannya. Kami berharap jalan secepatnya diperbaiki," kata seorang pria paruh baya berkulit sawo matang dan bertubuh sedikit tambun.

Simak juga 'Saat Ada Aduan Pungli Jutaan di Kelurahan, Bobby Langsung Sidak':

[Gambas:Video 20detik]



(ega/ega)