Round-Up

Berebut Dukungan 'Si Seksi' Relawan Jokowi

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 15 Jun 2021 08:01 WIB
Presiden Jokowi
Joko Widodo (Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Relawan Jokowi jadi 'seksi' kala bursa capres Pemilu 2024 mulai menghangat. Pihak sana-sini mulai PDKT, dukungan relawan Jokowi pun jadi rebutan.

Pembahasan soal ke mana arah dukungan relawan Jokowi di Pilpres 2024 ini sebenarnya berawal dari ucapan Joko Widodo sendiri. Hal itu disinggungnya ketika Rapat Pimpinan Nasional Relawan Seknas Jokowi pada akhir pekan lalu.

Jokowi awalnya mengaku kerap ditanya mengenai Pilpres 2024 oleh relawannya. Politikus PDIP itu meminta segenap relawan yang telah mengantarkannya menjadi presiden 2 periode bersabar. Dia tahu relawannya kini mulai ditarik-tarik para kandidat di Pilpres 2024.

"Saya tahu relawan Jokowi, termasuk Seknas Jokowi, ini seksi, seksi, pasti akan ditarik-tarik ke sana-kemari oleh para calon yang ingin maju pada pemilihan presiden 2024. Akan menjadi rebutan banyak pihak untuk didekati," ujar Jokowi.

"Kenapa begitu, karena para relawan ini telah terbukti bisa mengantarkan mengantarkan saya menjadi Presiden Republik Indonesia 2 periode. Bener, nggak?" imbuhnya.

Relawan Jokowi pun tak memungkiri sudah mulai dilirik pendukung kandidat capres potensial 2024. Siapa saja yang berebut dukungan relawan Jokowi?

Relawan Jokowi Dirayu Kandidat Pilpres 2024

Sekretaris Jenderal Seknas Jokowi Dedy Mawardi mengatakan belum ada pertemuan formal antara pihaknya dan kandidat capres 2024. Namun ada pihak-pihak yang sudah merayu Seknas Jokowi.

"Secara formal belum ada kandidat yang langsung ketemu dengan Seknas, tapi ada yang tanya melalui orang tertentu," kata Dedy saat dihubungi, Senin (14/6/2021).

"Tanya, 'Seknas di tahun 2024 dukung siapa?'" katanya mengulangi bujuk rayu tersebut.

Relawan Jokowi Dukung Ganjar?

Dedy membantah Seknas Jokowi merapat ke Ganjar Pranowo. Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah, memang menjadi salah satu kandidat calon presiden 2024 potensial.

"Saya pastikan kalau relawan Seknas Jokowi tegak lurus satu komando, tidak ada yang ke kubu Ganjar ataupun kandidat lain," kata Dedy.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo turut menjajal JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang (Agung Pambudhy/detikcom)Relawan Jokowi dukung Ganjar? (Agung Pambudhy/detikcom)

Dedy menyebut jika ada pihak yang mengatasnamakan Seknas Ganjar, itu bukan sikap resmi Seknas Jokowi. Dia memastikan simpul Seknas Jokowi masih 1 komando.

"Kalau ada flyer yang memuat nama Seknas Ganjar Pranowo, itu bukan Seknas Jokowi," katanya.

Bagaimana dengan relawan Jokowi lainnya? Simak di halaman berikutnya.

Simak video 'Jokowi: Saya Tahu Relawan Seknas Jokowi Itu Seksi':

[Gambas:Video 20detik]