BPBD DKI: Waspada Potensi Banjir di Jaktim dan Jaksel pada 15 Juni

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 15 Jun 2021 01:55 WIB
Jakarta -

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengimbau warga di wilayah Jakarta Timur dan Jakarta Selatan untuk waspada. Pasalnya kedua wilayah tersebut berpotensi diterpa banjir pada hari ini.

"Perlu diwaspadai potensi banjir di wilayah Jakarta Timur dan Jakarta Selatan," tulis BPBD DKI Jakarta lewat akun Twitter @BPBDJakarta, Selasa (15/6/2021).

Peringatan tersebut disampaikan BPBD DKI Jakarta berdasarkan analisis dari BMKG serta BNPB. BPBD DKI Jakarta menyebut wilayah Jaktim dan Jaksel berpotensi diterpa banjir pada 15 Juni 2021.

"Berdasarkan hasil analisis data dari BMKG dengan Impact Based Forecast (IBF) serta BNPB dengan InaRisk, waspada potensi banjir Provinsi DKI Jakarta durasi 15 Juni 2021," lanjut BPBD.

Potensi Hujan Lebat di Jakarta Hingga 16 Juni 2021

Tak hanya itu, pada postingan selanjutnya, BPBD DKI Jakarta juga memberikan peringatan terkait potensi terjadinya hujan lebat disertai kilat dan petir selama 3 hari ini. Hujan lebat itu diprediksi terjadi di sejumlah wilayah mulai Senin 14 Juni 2021 hingga 16 Juni 2021.

"Peringatan dini cuaca 3 hari ke depan, berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah DKI Jakarta," tulis BPBD DKI Jakarta.

BPBD pun mengimbau kepada para pejabat wilayah yang rawan banjir dan longsor untuk antisipasi. "Kepada OPD terkait, para Camat & Lurah daerah rawan banjir atau longsor agar antisipasi dengan siagakan PPSU dan Satgas Banjir/PKLG DSDA Kecamatan, hubungi 112 apabila membutuhkan bantuan," imbau BPBD DKI.

(maa/maa)