Kapolri Minta Kampung Tangguh Tak Hanya Tekan COVID, tapi Juga Cegah Narkoba

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Senin, 14 Jun 2021 18:10 WIB
Jakarta -

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta jajarannya meningkatkan peran 'Kampung Tangguh' tidak hanya mencegah laju COVID-19. Jenderal Listyo Sigit juga meminta agar 'Kampung Tangguh' juga diaktifkan untuk mencegah peredaran narkoba.

"Kalau waktu yang dulu kita telah menciptakan 'Kampung Tangguh' dalam rangka pemberantasan atau mencegah laju COVID, maka kali ini saya minta untuk 'Kampung Tangguh' narkoba diciptakan kerjasama polisi, stakeholder yang ada di kampung tangguh, Pemda, tokoh agama, tokoh masyarakat, agar setiap kampung tangguh memiliki daya cegah, daya tangkal dan berani tindak narkoba. Kemudian terhadap peredaran yang ada segera diinformasikan kemudian kita bisa tangkap," kata Sigit saat jumpa pers di Lapangan Presisi Ditlantas Polda Metro Jaya, Senin (14/6/2021).

"Dengan harapan itu, kita memiliki daya cegah, daya tangkal terhadap ancaman narkoba. Di satu sisi, maka kita Polri bisa betul-betul bekerja maksimal melibatkan seluruh stakeholder yang ada yang tentunya ini harus melibatkan peran serta masyarakat," sambungnya.

Sigit membeberkan Indonesia sedang berjuang mewujudkan SDM yang unggul untuk menuju Indonesia maju. Untuk itu kata Sigit, jangan sampai SDM kita dirusak oleh narkoba.

"Oleh karena itu, sekali lagi saya serukan narkoba ancaman kita bersama, Indonesia saat ini sedang berjuang untuk mewujudkan SDM unggul menuju Indonesia maju. Kita akan masuk menuju Indonesia emas dan syarat utamanya harus memiliki SDM yang profesional, produktif, yang berkualitas dan ini semua akan rusak karena pengaruh masalah apabila tidak hati-hati masyarakat kita, kemudian rusak oleh narkoba," ujarnya.

Lebih lanjut Sigit mengatakan perang terhadap narkoba merupakan tugas bersama seluruh masyarakat. Menurutnya diperlukan kerja keras dan kerja sama untuk mewujudkan itu semua.

"Oleh karena itu, Ini tantangan tugas kita bersama bagaimana menjaga agar generasi kita betul-betul bisa aman dan bebas narkoba. Kita terus perang bersama narkoba. Kita terus berjuang untuk menghabiskan melenyapkan narkoba dari Indonesia, ini butuh kerja keras, kerjasama sinergitas seluruh elemen stakeholder dan masyarakat," imbuhnya.

Simak di halaman selanjutnya, jaringan narkoba dari Timur Tengah diungkap Satgas Polda Metro Jaya dan Polres Jakpus