Bolehkah Hasil TWK KPK Diungkap ke Publik?

Tim detikcom - detikNews
Senin, 14 Jun 2021 17:52 WIB
Film dokumenter KPK Endgame ditonton oleh pegawai tak lolow TWK.
Gedung KPK Foto: Andhika Prasetia/detikcom

Novel Baswedan Pertanyakan Hasil TWK

Sebelumnya, Novel Baswedan mempertanyakan hasil Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) yang tidak dibuka, bahkan kepada masing-masing peserta tes. Penyidik senior KPK itu mempertanyakan transparansi TWK sebagai tes alih status pegawai KPK menjadi ASN.

TWK diikuti 1.300 pegawai KPK, sebanyak 75 orang dinyatakan tidak lulus. Bahkan, 51 pegawai di antaranya dinyatakan sudah tidak bisa dibina dan akan diberhentikan pada 1 November 2021.

"Hasil assesment TWK sudah diminta oleh beberapa pegawai KPK tapi tidak diberikan, malah membuat stigma seolah tidak bisa dibina. Hal ini makin menampakkan adanya niat yang tidak baik," kata Novel Baswedan dikutip dari akun Twitter-nya @nazaqistsha, Sabtu (12/6).

"Kalau tesnya jujur, kenapa hasil TWK harus disembunyikan? #BeraniJujurPecat #SaveKPK," ujar dia.

3 Poin Penjelasan KPK soal TWK

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron sebelumnya datang memenuhi panggilan Ombudsman RI terkait laporan Novel Baswedan dkk terkait tes wawasan kebangsaan (TWK). Nurul Ghufron menyampaikan 3 poin saat menyampaikan keterangannya.

"Apa saja yang ditanyakan kepada KPK tentu mulai dari perumusan kebijakan pengalihan status pegawai KPK ke ASN, mulai dari kebijakannya, regulasinya sampai pada pelaksanaannya dan pasca-putusan MK," kata Nurul, dal...


(hri/tor)