Ini yang Bukan Contoh Amal Saleh, Wajib Dihindari!

Kristina - detikNews
Senin, 14 Jun 2021 14:18 WIB
Ilustrasi berdoa
Foto: Getty Images/iStockphoto/mkitina4
Jakarta -

Setiap perbuatan manusia akan dipertanggungjawabkan kelak di hari Kiamat. Untuk itu, sebagai Muslim, sudah sepatutnya mengerjakan kebajikan atau beramal saleh.

Amal saleh merupakan bekal hidup baik di dunia maupun di akhirat. Allah SWT telah menjanjikan surga-Nya untuk orang-orang yang senantiasa beriman dan beramal saleh. Sebagaimana termaktub dalam QS. Ibrahim ayat 23 sebagai berikut:

وَأُدْخِلَ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَعَمِلُوا۟ ٱلصَّٰلِحَٰتِ جَنَّٰتٍ تَجْرِى مِن تَحْتِهَا ٱلْأَنْهَٰرُ خَٰلِدِينَ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ ۖ تَحِيَّتُهُمْ فِيهَا سَلَٰمٌ

Artinya: "Dan dimasukkanlah orang-orang yang beriman dan beramal saleh ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya dengan seizin Tuhan mereka. Ucapan penghormatan mereka dalam surga itu ialah "salaam". (QS. Ibrahim: 23).

Selain itu, dalam QS. An-Nahl ayat 97 juga dijelaskan bahwa orang yang senantiasa beramal saleh akan mendapatkan kehidupan yang baik.

مَنْ عَمِلَ صَٰلِحًا مِّن ذَكَرٍ أَوْ أُنثَىٰ وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهُۥ حَيَوٰةً طَيِّبَةً ۖ وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ أَجْرَهُم بِأَحْسَنِ مَا كَانُوا۟ يَعْمَلُونَ

Artinya: "Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan." (QS.An-Nahl: 97).

Dikutip dari buku Pendidikan Agama Islam untuk Sekolah Menengah Kejuruan kelas XII oleh Bachrul Ilmy, secara bahasa amal saleh diartikan sebagai perbuatan baik. Secara istilah, amal saleh adalah perbuatan yang sesuai dengan dalil akal (rasional), Al Quran, dan sunnah Nabi Muhammmad SAW.

Jenis-jenis amal saleh

Dari sisi perbuatan, amal saleh dibedakan ke dalam dua jenis, yaitu amal jariyah dan amal ibadah. Amal jariah merupakan perbuatan baik yang dilakukan dengan sukarela untuk mengharapkan ridha Allah SWT dan mendapatkan pahala meskipun telah meninggal dunia.

Sedangkan, amal saleh yang termasuk amal ibadah adalah pekerjaan yang dilakukan sesuai dengan ketentuan syariat dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Dari sisi subjek pelaku, amal saleh dibagi ke dalam dua jenis, yaitu amal batiniah dan amal lahiriah. Berikut penjelasannya:

1. Amal Batiniah

Amal batiniah merupakan amal yang dilakukan oleh hati (al-qalb). Contoh amal batiniah baik antara lain 1) beriman kepada Allah SWT, malaikat, rasul, kitab-kitab, hari kiamat, dan qada dan qadar, 2) bersabar, 3) melakukan sesuatu diawali dengan niat karena Allah SWT, 4) tawakal, 5) ikhlas, 6) berani, tegar, dan berpendirian.

2. Amal Lahiriah

Amal lahiriah adalah perbuatan yang dilakukan oleh anggota tubuh dan dapat dilihat maupun didengar. Contohnya antara lain 1) menasihati dalam hal kebajikan dan mencegah kemungkaran, 2) berbicara dengan perkataan yang baik, 3) membaca Al Quran, 4) menolong orang dalam melakukan kebaikan, 5) melakukan jual beli sesuai tuntunan Allah SWT dan rasul-Nya, dan 6) menjenguk orang sakit.

Contoh yang bukan amal saleh

Merujuk pada penjelasan di atas, segala perbuatan yang bertentangan dengan Al Quran, hadits, dan akal sehat tidak termasuk contoh amal saleh. Perbuatan yang mendatangkan kerugian baik pada diri sendiri, orang lain, maupun lingkungan seperti meludah sembarangan, berkata kasar, dan perbuatan yang buruk lainnya sudah sepatutnya harus dihindari. Keburukan tersebut bukanlah amal saleh.

Dalam sebuah hadits riwayat Muslim, Rasulullah SAW bersabda:

"Dipaparkan kepadaku segala amal umatku, yang baik dan yang buruk. Maka aku mendapatkan di antara kebaikan amal umatku adalah membuang rintangan yang mengganggu di jalanan. Dan aku mendapatkan dalam amal jelek umatku adalah meludah di masjid tanpa dipendam." (HR. Muslim).

Amal saleh dapat mendatangkan kebaikan bagi diri sendiri, orang lain, dan lingkungan. Orang yang senantiasa beramal saleh akan menghindari kerusakan dan keburukan.

(nwy/nwy)