PAN Tak Galau Jadi 'Partai Nasakom' di Survei SMRC

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Senin, 14 Jun 2021 12:14 WIB
Wakil Ketua Komisi IV DPR Viva Yoga Mauladi
Viva Yoga Mauladi (Foto: Ari Saputra/detikcom).
Jakarta -

Partai Amanat Nasional (PAN) diprediksi tak akan lolos ke DPR karena hanya mendapat elektabilitas 1,8 persen di survei SMRC. PAN yakin survei SMRC tak akan terbukti.

"Menilai hasil survei SMRC, PAN tidak akan risau, resah, atau gundah-gulana. Sebab apa? Pertama, sejak Pemilu 2004, 2009, 20014, 2019, Mas Syaiful dengan LSI, lalu sekarang dengan SMRC, selalu menghasilkan survei elektabilitas PAN bagai 'partai nasakom', nasibnya satu koma, he-he. Itu artinya PAN tidak akan lolos parliamentary threshold, mulai dari PT 2,5%, 3%, lalu 4%," kata Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi kepada wartawan, Senin (14/6/2021).

Viva menyebut PAN selalu lolos parlemen, tak seperti prediksi survei SMRC. Dia yakin survei SMRC kali ini pun tak akan terbukti.

"Kenyataannya suara PAN selalu lebih dari 6,5% dan selalu menempatkan kadernya di kursi DPR RI. Jadi selalu tidak terbukti hasil surveinya itu. Bagi PAN, hasil surveinya selalu tidak sesuai dengan hasil pemilu," kata Viva.

"Kedua, jika dikatakan bahwa terjadinya lonjakan suara PAN di setiap pemilu secara signifikan karena hasil perjuangan dan kerja keras caleg PAN. Lalu pertanyaannya, apakah caleg dari partai lain saat kampanye itu tidur? He-he-he.... Mereka juga bergerak dan bekerja keras. Jadi, alasan utopia itu tidak dapat menjawab penyimpangan besar antara hasil survei dan hasil pemilu bagi PAN," imbuh Viva.

Terkait survei SMRC, Viva menghormati survei-survei yang ilmiah, objektif dan independen. Menurutnyal politik saat ini transparan.

"Ketiga, meskipun sejak Pemilu 2004 sampai Pemilu 2019 dan terakhir survei bulai Mei 2021 yang jika memotret dan melukis wajah PAN tidak pernah akurat, PAN tetap mengapresiasi setiap hasil survei yang didasarkan pada basis akademis ilmiah, objektif, independen, dan bebas dari nilai kepentingan tertentu. Karena saat ini politik adalah wilayah yang rasional, terukur, transparan, dan ilmiah," ujar Viva.

Akhir kata, Viva Yoga bersenandung untuk Saiful Mujani. "Oh Bang Saipul... teganya... teganya," ujar Viva Yoga menambahkan emotikon tangga nada.

Berikut hasil survei SMRC selengkapnya:

1. PDIP 25,9%
2. Gerindra 10,9%
3. Golkar 10,7%
4. PKB 9,7%
5. Demokrat 6,6%
6. PKS 4,6%
7. NasDem 3,7%
8. PPP 2,6%
9. PAN 1,8%
10. Perindo 1,0%

Simak video 'Survei SMRC: PDIP Tempati Urutan Teratas Jika Pemilu Digelar Hari Ini':

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/tor)