Kasus COVID-19 di DKI Melonjak, Anggota DPRD Minta Pemprov Siaga

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Senin, 14 Jun 2021 06:31 WIB
Pemerintah terus melaporkan perkembangan virus COVID-19 di Tanah Air. Pada hari ini, tambahan kasus positif Corona masih tinggi.
Foto: Ilustrasi (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Kasus harian COVID-19 di Jakarta terus mengalami lonjakan. Sekretaris Fraksi PAN DPRD DKI Jakarta, Oman R Rakinda meminta kepada semua pihak untuk tidak kendur dalam menjalankan protokol kesehatan.

"Jangan kendor laksanakan prokes, tegakkan disiplin. Bila perlu gugus tugas giatkan patroli di perkantoran, mall dan pasar-pasar," ujar Oman, Minggu, (13/6/2021).

Oman meminta kepada Pemprov DKI Jakarta untuk bersiaga. Dia juga meminta untuk menyiapkan skenario pengendalian.

"Kita dorong jajaran dinkes, para nakes dan manajemen faskes untuk bersiaga. Siapkan skenario pengendalian," ucapnya.

Sementara itu, anggota Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, Gilbert Simanjuntak meminta kepada Pemprov DKI untuk belajar dari kenaikan kasus Corona di masa lalu. Menurutnya, ada sejumlah kelemahan yang ada.

"Sebaiknya Pemprov belajar dari periode lalu di mana ada lonjakan yang terus naik dan kita katakan gagal. Di situ kita amati kelemahannya karena pengawasan yang kurang, khususnya di pasar dan permukiman padat," kata Gilbert.

Sebelumnya diberitakan, tingkat keterisian tempat tidur di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, Jakarta saat ini melonjak menjadi 80,68 persen. Pemerintah DKI Jakarta diminta waspada.

"Pasien datang dari berbagai puskesmas di DKI. Ini sudah mulai banyak dan sudah agak merata. Ini DKI harus waspada," ujar Koordinator Humas RSD COVID-19 Wisma Atlet Letkol TNI AL M Arifin saat dihubungi detikcom, Minggu (13/6).

Dia menuturkan, kebijakan pembatasan ketat perlu dilakukan. Tujuannya, mengendalikan penyebaran di hulu.

"Kebijakan pembatasan ketat minggu depan ini diperlukan. Kalau tidak, akan bisa kolaps faskes (fasilitas kesehatan) yang ada di DKI seminggu ke depan," katanya.

Simak video 'Anies Baswedan: Jakarta Masuki Fase Amat Genting Covid-19':

[Gambas:Video 20detik]



(man/rfs)