Tower 8 Wisma Atlet dan Rusun Cilincing Akan Jadi Tempat Isolasi OTG COVID

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Minggu, 13 Jun 2021 20:18 WIB
Tower 8 Wisma Atlet Pademangan disiapkan untuk jadi lokasi isolasi pasien OTG Corona. Tower itu akan digunakan bila flat isolasi di Wisma Atlet Kemayoran penuh.
Wisma Atlet Pademangan. (Foto: ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA)
Jakarta -

Kepala Satgas COVID-19 Ganip Warsito mengatakan RSDC Wisma Atlet Pademangan membuka tower 8 untuk perawatan pasien OTG. Dia mengatakan tenaga kesehatan yang saat ini menempati tower tersebut akan dipindah.

"Pemerintah akan membuka tower 8 Pademangan untuk perawatan pasien OTG. Tower tersebut saat ini ditempati tenaga kesehatan dan sesuai kebutuhan untuk kita pindahkan nakes tersebut di hotel terdekat," ujar Ganip, Minggu (13/6/2021).

Ganip menuturkan langkah tersebut sebagai bentuk antisipasi lonjakan COVID-19. Jika langkah ini berhasil maka Satgas akan menambah 1.572 tempat tidur. Kemudian akan ditambah juga kapasitas isolasi di tiap kamar di RSDC Kemayoran menjadi 3 tempat tidur.

"Sehingga penambahan kapasitas ini bisa menambah 2.000 tempat tidur di RSDC. Dengan demikian kapasitas RSDC Kemayoran meningkat dari kondisi sekarang 5.994 tempat tidur menjadi 9.566 tempat tidur," paparnya.

Saat ini Satgas sudah berkoordinasi dengan Pemprov DKI untuk mengoperasikan fasilitas isolasi pasien OTG. Rusun Cilincing pun disiapkan untuk menampung pasien COVID.

"Tadi pagi saya sudah berkoordinasi langsung dengan Gubernur DKI, mulai mengoperasikan fasilitas isolasi terkait bagi pasien tanpa gejala di Rusun Cilingcing, terdiri dari 5 tower, masing-masing 16 lantai sehingga menambah 2.550 tempat tidur," katanya.

"Satgas melalui BNPB akan membantu mengisi kebutuhan di Rusun Nagrak secara bertahap. Saat ini sudah kirimkan 900 bed dan nanti akan kita lengkapi sesuai dengan fasilitas tempat tidur yang ada di sana," imbuhnya.

Ganip menyebutkan dengan penambahan itu, secara total kapasitas tempat tidur di RSDC berjumlah 12.116.

"Penambahan ini realnya menjadi 6.122 tempat tidur atau sebesar 122%. Pemerintah DKI juga telah menyiapkan tempat isolasi OTG lainnya pada wisma-wisma milik pemda DKI pada 31 lokasi terpencar dengan kapasitas max 8.000 OTG, termasuk Rusun Nagrak," katanya.



Simak Video "Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 di RSDC Wisma Atlet Capai 97%"
[Gambas:Video 20detik]
(idn/knv)