KH Nawawi Abdul Jalil Pengasuh Ponpes Sidogiri Wafat, Mahfud Berduka

Tim Detikcom - detikNews
Minggu, 13 Jun 2021 19:39 WIB
Menko Polhukam Mahfud Md (dok. Kemenko Polhukam)
Foto: Menko Polhukam Mahfud Md (dok. Kemenko Polhukam)
Jakarta -

Menko Polhukam Mahfud Md mengenang sosok pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Sidogiri Kabupaten Pasuruan, KH Nawawi Abdul Jalil yang wafat. Mahfud menyebut sosok Kiai Nawawi sebagai sosok yang kharismatik.

"Inna lillah wa inna ilaihi raji'un. Telah wafat hari ini (13/6/) Pengasuh Ponpes Sidogiri Pasuruan K. Nawawi Abdul Jalil, ulama sepuh yang sangat kharismatik," kata Mahfud, dalam akun Twitter resminya @mohmahfudmd, Minggu (13/6/2021).

Mahfud mendoakan Kiai Nawawi agar masuk surga. Mahfud menyebut Pondok Pesantren Sidogiri merupakan pondok pesantren tertua di Indonesia.

"Ponpes Sidogiri adalah salah satu ponpes tertua di Indonesia dengan puluhan ribu santri dan alumni. Semoga almarhumah mendapat surga-Nya," ujarnya.

Sebelumnya, ulama kharismatik ini mengembuskan nafas terakhir di RS Lavalete, Malang Minggu (13/6/2021) pukul 16.40 WIB. Sebelumnya Kiai Nawawi dirawat selama 4 hari.

"Kehilangan besar umat Islam tanah air," kata Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur, Anwar Sadad, yang juga termasuk keluarga Ponpes Sidogiri, Minggu (13/6).

KH Nawawi merupakan Mustasyar PBNU. Dalam Muktamar ke-33 NU di Jombang, Kiai Nawawi duduk sebagai anggota Ahlul Halli Wal Aqdi (Ahwa). Ahwa yang beranggotakan 9 kiai sepuh yang bermufakat untuk menentukan kepemimpinan NU.

Kiai Nawawi merupakan ulama sepuh yang sangat dihormati. Baik masyarakat umum, kalangan ulama maupun tokoh nasional. Kiai Nawawi dikenal sebagai ulama zuhud.

Kiai Nawawi menjadi pengasuh Ponpes Sidogiri sejak 2005. Ponpes Sidogiri sendiri dirikan pada tahun 1745 masehi.

(yld/gbr)