Prabowo Blak-blakan soal Heboh Anggaran Alutsista Rp 1.700 Triliun

Tim Detikcom - detikNews
Minggu, 13 Jun 2021 13:29 WIB
Prabowo Subianto di DPR RI (Rolando-detikcom)
Prabowo Subianto di DPR RI (Rolando/detikcom)

Prabowo Susun Sistem Cegah Penyalahgunaan

Prabowo mengaku sedang menyusun sistem untuk meminimalkan potensi korupsi. Dia juga bernegosiasi langsung ke produsen untuk menanyakan harga detail dari alutsista yang akan dibeli.

"Ya pasti ada, itu yang saya bilang tertibkan, kita mau minimalkan caranya bagaimana ya kita susun sebuah sistem, sistemnya seperti apa. Jadi sekarang saya banyak yang saya lakukan, saya negosiasi langsung dengan produsen sehingga saya ingin tahu harga yang sebenarnya itu berapa apa sih? kalau kita mau beli alat ini harganya berapa," ujar Prabowo.

Selain itu, mantan Pangkostrad tersebut bakal mengundang BPK hingga kejaksaan untuk memeriksa kontrak di Kementerian Pertahanan. Prabowo ingin memastikan jajarannya tidak terlibat penyalahgunaan anggaran.

"Untuk menjaga bahwa kita pun tidak akan tergoda untuk terlibat dalam hal itu saya rencananya dan kita sudah coba sekarang ini, saya rencananya mengundang kejaksaan, BPKP sama BPK untuk periksa semua kontrak kita sebelum kontrak itu efektif. Jadi kontrak itu ada berapa tahap, jadi ada kontrak awal, ada kondisi-kondisi yang harus dipenuhi, kondisi keuangan, kondisi ini kondisi ini, sampai ujungnya kalau kontrak itu... dalam perjalanan ini saya akan minta kejaksaan, BPKP, dan BPK," tutur Prabowo.


(yld/knv)