Manuver Gatot Nurmantyo dan Erick Thohir di Tengah Panas Bursa Pilpres

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 13 Jun 2021 10:16 WIB
Din Syamsuddin dan Gatot Nurmantyo menghadiri deklarasi Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Jawa Barat, Senin (7/9/2020). Deklarasi dilaksanakan di sebuah rumah, Kota Bandung, Senin (7/9/2020).
Gatot Nurmantyo (Yudha Maulana/detikcom)
Jakarta -

Nama Gatot Nurmantyo mencuat lagi di bursa Pilpres. Bahkan Gatot mengaku sudah 'ditembak' parpol.

Gatot mengutarakan itu dalam program tvOne yang diunggah di akun Instagram resminya seperti dilihat Jumat (11/6/2021). Awalnya Gatot Nurmantyo berbicara soal kondisi Indonesia saat ini.

Dia berbicara tentang Indonesia yang masih berjuang melepaskan diri dari jerat pandemi COVID-19. Gatot Nurmantyo juga bicara soal kewaspadaan akan perang biologi.

"Saya menjadi khawatir tentang kondisi bangsa ini apabila kita ini tidak bersatu, kita nggak bersama-sama menyelesaikan tentang masalah epidemi sendiri kemudian ekonomi ini, apa yang bakalan terjadi. Jadi tidak sepantasnya saya berpikir 2024. Bagaimana menyelamatkan ini dulu," ujar Gatot.

Setelahnya, Gatot Nurmantyo menyinggung soal Pilpres 2024. Meski belum mengambil sikap di 2024, Gatot Nurmantyo mengaku sudah 'ditembak' partai politik terkait kontestasi politik lima tahunan itu.

"Ya, udah ditembak, saya sampaikan, mari kita jangan berpikir ini dulu. (Siapa yang menembak) Ya yang punya pistol-lah, ha-ha-ha...," kata Gatot.

Gatot Nurmantyo diminta merahasiakan tokoh politik yang menembaknya terkait Pilpres 2024.

"Minta supaya jangan diinformasikan kepada siapa pun juga. Jadi saya bilang, saya bukan mengatakan tidak, mari kita sama-sama lihat situasinyalah. Belum tentu tahun 2024... ini kan elektabilitas saya kan sebagai oposisi katanya kan...," ujar Gatot.

Spekulasi politik terkait Pilpres 2024 juga menyasar sosok Menteri BUMN Erick Thohir. Erick Thohir beberapa waktu belakangan ikut keseruan berburu BTS Meal untuk anak bungsunya.

Melalui postingannya itu, Erick Thohir mengirim pesan ke BTS ARMY di seluruh Indonesia.

"Hari ini saya minta tolong ke tim saya untuk coba belikan via drive thru dan masih kebagian. Semoga gerai McDonald's bisa tetap menjaga protokol kesehatan selama masa ini ya. Karena saya yakin BTS Army seluruh Indonesia semangat banget untuk menikmati BTS Meal (termasuk anak saya)," tulisnya di Instagram, Jumat (11/6).

"Dapat juga, sampai keringetan, nggak tahu dapat atau nggak, eh alhamdullilah dapat, buat anak saya yang kecil Alia, McDonald's BTS Meal," imbuh Erick.

Pakar politik dari Media Survei Nasional (Median), Rico Marbun, melihat unggahan Erick Thohir sebagai upaya menggaet pemilih milenial. Apalagi Erick Thohir salah satu tokoh yang kerap masuk survei capres 2024.

"Cara Erick Thohir ikut berburu BTS Meal artinya ikut menaiki gelombang tren, terutama di kalangan milenial. Dari gayanya, Erick ini cukup bersaing dengan Ridwan Kamil dari sisi gimik menarik milenial," kata Rico.

Rico menilai posisi Erick Thohir di kursi menteri Jokowi cukup memiliki kompeten dan kapabilitas. Dia pun melihat Erick Thohir yang makin aktif di media sosial.

"Hanya untuk menggaet pemilih emosional, termasuk di kalangan milenial, harus banyak bermain di gimmick trend, ini salah satunya," imbuhnya.

Simak juga 'Saat Erick Thohir Pamer Beli BTS Meal':

[Gambas:Video 20detik]

(idn/gbr)