Mendes Harap Penerapan SDGs Dorong Pembangunan Desa Lebih Terarah

Jihaan Khoirunnisaa - detikNews
Sabtu, 12 Jun 2021 22:26 WIB
Abdul Halim Iskandar
Foto: Dok. Kemendes PDTT
Jakarta -

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar menilai pertumbuhan ekonomi dan peningkatan SDM yang menjadi fokus utama pembangunan desa belum maksimal. Sejumlah faktor menjadi kendala seperti minimnya kemampuan desa untuk menentukan skala prioritas pembangunan lantaran data yang terbatas.

"Desa masih menjadi objek pembangunan bukan menjadi subjek pembangunan," kata Abdul Halim dalam keterangan tertulis, Sabtu (12/6/2021).

Dalam kegiatan Regional Meeting Kawasan Teluk Tomini dan Maluku Utara yang digelar Universitas Negeri Gorontalo, pria yang akrab disapa Gus Menteri ini berharap penerapan Sustainable Development Goals (SDGs) Desa sebagai konsep pembangunan berkelanjutan dapat mendorong pembangunan desa agar lebih terarah. Hal ini untuk mencapai kesejahteraan masyarakat, bukan semata-mata untuk memenuhi keinginan kalangan tertentu.

Abdul Halim menyebut progres pemutakhiran data berbasis SDGs Desa saat ini sudah mencapai 50 persen. Dengan data yang terupdate, menurutnya akan semakin mempermudah kepala desa dalam mengukur sektor apa saja perlu dibenahi selama satu periode kepemimpinannya.

"Ke depan perencanaan pembangunan di desa Insyaallah yakin sudah menempatkan desa sebagai subjek pembangunan," tandasnya.

Doktor Honoris Causa dari UNY ini juga mengajak seluruh kementerian dan lembaga lainnya untuk berkoordinasi dan mencocokkan data masing-masing dengan data berbasis SDGs Desa yang digarap kepala desa dan pendamping desa.

"Kemudian ketika sudah dikonsolidasi data ini menjadi milik desa kembali dan di situlah akan kelihatan berapa sebenarnya angka kemiskinan kita, berapa sebenarnya tinggi masyarakat yang terkena penyakit kronis," pungkasnya.

(akn/ega)