Polisi Jaring 100 Preman yang Kerap Palak Kendaraan di Makassar

Reinhard Soplantila - detikNews
Sabtu, 12 Jun 2021 19:22 WIB
Polisi tangkap seratus preman di Makassar, Sulsel.
Polisi menjaring seratusan preman berkedok juru parkir liar di Kota Makassar, Sulsel (Reinhard Soplantila/detikcom)
Makassar -

Aparat kepolisian menjaring 100 orang preman di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Para preman tersebut berkedok sebagai juru parkir liar dan 'pak ogah' yang kerap mengganggu kerawanan lalu lintas dan perkotaan.

"Kita lakukan operasi pekat (penyakit masyarakat), yaitu operasi premanisme peningkatan dari operasi preman dari perintah pimpinan, operasi preman yang kami tentukan di semua jalan protokol tempat yang dianggap mengganggu kerawanan lalu lintas dan kerawanan kota Makassar. Kami kurang-lebih seratus orang lebih yang kami amankan dari semua titik yang kami tentukan," ujar Wakasat Reskrim Polrestabes Makassar AKP Sugeng pada Sabtu (12/6/2021).

Operasi tersebut dilakukan tim gabungan Polrestabes Makassar dan seluruh Polsek di Makassar di hampir semua titik wilayah Kota Makassar. Tindakan ini dilakukan juga berdasarkan beberapa laporan dari masyarakat yang resah oleh ulah para preman itu.

Sugeng mengatakan para preman itu beraksi dengan melakukan parkir liar di jalanan hingga mengakibatkan kemacetan. Selain itu, mereka kerap memalak kendaraan yang hendak melintas.

"Mereka melakukan parkir liar kemudian pemalakan terhadap orang yang akan aktivitas kendaraan berbelok, kami belum menemukan (adanya pembaretan kendaraan). Cuma kami imbau supaya masing-masing pelaku tidak melakukan," kata Sugeng.

Dari beberapa barang bukti yang disita, polisi mendapati beberapa uang hasil pemalakan para pelaku. Selain itu, ditemukan juga minuman keras yang rencananya akan dikonsumsi oleh para pelaku.

"Miras ditemukan, semua ini operasi dari balap liar, preman, judi, dan lain-lain," tutur Sugeng.

(run/run)