Golkar Jatim Ajak Kader Siap-siap Dukung Airlangga Hartarto Jadi Capres

Nadhifa Sarah Amalia - detikNews
Sabtu, 12 Jun 2021 18:42 WIB
Ketua DPD Golkar Jawa Timur
Foto: Golkar Jawa Timur
Jakarta -

Ketua DPD Golkar Jawa Timur M. Sarmuji menegaskan kepada seluruh kader Golkar Kabupaten Gresik bahwa Airlangga Hartarto adalah calon yang akan diusung oleh Partai Golkar dalam Pilpres 2024 mendatang. Ia menganggap Airlangga memiliki potensi besar untuk maju dan menang.

"Kita bersiap-siap untuk memiliki calon presiden 2024. Saya ingin yakinkan pada seluruh kader, Ketua Umum Airlangga Hartarto punya potensi besar untuk maju dan menang pada kontestasi Pemilihan Presiden nanti," ucap Sarmuji, dalam keterangan tertulis, Sabtu (12/6/2021).

Dalam Rapat Kerja Daerah dan Rapat Pimpinan Daerah (Rakerda dan Rapimda) DPD Golkar Gresik yang dilaksanakan di Hotel Pesonna Gresik, Sarmuji menyebut sampai saat ini memang Airlangga Hartarto memang belum deklarasi menjadi calon presiden yang diusung oleh Partai Golkar. Dalam beberapa kesempatan Airlangga masih beralasan konsentrasi menjalankan tugas presiden dalam kabinet kerja.

Ia juga mengungkapkan beberapa alasan mengapa elektabilitas Airlangga Hartarto belum terangkat, walaupun secara kinerja di Kabinet Jokowi terbilang cukup bersinar, terutama dalam hal pemulihan ekonomi masa pandemi. Hal ini dikarenakan belum satu kalipun Airlangga terlibat dalam kepemimpinan daerah maupun nasional.

"Memang hari ini elektabilitas Pak Airlangga belum ada di puncak karena dari seluruh tokoh yang disurvei hanya Pak Airlangga Hartarto yang belum pernah mengalami kontestasi politik. Pak Prabowo sudah tiga kali terlibat dalam kontestasi Pilpres, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, dan Khofifah ikut kontestasi gubernur, begitu juga dengan Sandiaga Uno," ujar Sarmuji.

Kontestasi yang pernah dilakukan tokoh-tokoh tersebut, menurut Sarmuji berimbas pada adanya elektabilitas dari beberapa survei yang dilakukan.

"Mereka (para tokoh di atas) menikmati sisa kontestasi sehingga elektabilitasnya terlihat. Insyaallah sekali Pak Airlangga deklarasi dalam dua tahun sisa ini elektabilitas Pak Airlangga bisa terkerek dengan baik," jelas Sarmuji.

Menurut Sarmuji, satu lagi yang menjadi keunggulan Airlangga Hartarto dibanding dengan tokoh lainnya, yaitu memegang jabatan sebagai ketua umum partai. Untuk itu sebagai Ketua DPD Golkar Jatim, ia meminta kesiapan seluruh kader Golkar di manapun berada.

"Dari tokoh politik hanya Prabowo yang memiliki elektabilitas tinggi, insyaallah jika dibandingkan dan ditarungkan dengan ketua umum partai yang lain Pak Airlangga rasa-rasanya sanggup untuk bertanding. Jadi kita harus bersiap-siap kalau suatu saat Pak Airlangga. Siapkan seluruh pasukan dan kader!" pungkas Sarmuji.

(ncm/ega)