Ahok soal Kebakaran Tangki Pertamina: Pastikan Tak Ada Kelalaian dan Pembiaran

Herianto Batubara - detikNews
Sabtu, 12 Jun 2021 17:41 WIB
Komut Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok kunjungan kerja ke Lapangan Unitisasi Gas Jambaran - Tiung Biru
Komut PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama (tengah). (Foto: dok. Pertamina)
Jakarta -

Komisaris Utama PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok angkat bicara terkait kasus terbakarnya tangki 205 di area 39 kompleks Pertamina RU IV Cilacap. Dia mengaku masih menunggu laporan resmi.

"Sedang nunggu laporan resmi," kata Ahok saat dimintai konfirmasi detikcom, Sabtu (12/6/2021) sore.

Ahok mengatakan, Senin (14/6) mendatang, seusai rapat umum pemegang saham (RUPS), Komite Audit dan jajaran komisaris akan meninjau langsung ke lokasi. Eks Gubernur DKI Jakarta ini meminta kasus ini diusut tuntas.

Tangki Pertamina di Cilacap, Jawa Tengah terbakar Jumat malam (11/6/2021). Pertamina menjelaskan jika tangki yang terbakar merupakan tempat memproduksi benzene.Tangki Pertamina di Cilacap, Jateng, terbakar Jumat (11/6/2021) malam. Pertamina menjelaskan tangki yang terbakar merupakan tempat memproduksi benzene. (Arbi Anugrah/detikcom)

"Saya hanya minta dipastikan tidak terjadi kelalaian dengan pembiaran meluapnya muatan tangki," ujar Ahok.

"Jangan mirip adanya dugaan seperti itu di kejadian Balongan. Perwira yang bertugas di control room harus diketahui siapa mereka," sambungnya.

Kilang Cilacap merupakan satu dari enam kilang Pertamina, dan kapasitas pengolahan 270 ribu barel per hari. Kilang ini memiliki sekitar 200 tangki untuk menampung crude yang akan diolah, gas, serta BBM hasil pengolahan minyak mentah.

Baca di halaman selanjutnya soal kasus kebakaran di Kilang Balongan yang Disinggung Ahok...

Simak video 'Asap Hitam Masih Membumbung di Area Tangki Pertamina Cilacap':

[Gambas:Video 20detik]