Sebulan 15 KKB Papua Dilumpuhkan Satgas Nemangkawi: 4 Tewas, 11 Luka

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Sabtu, 12 Jun 2021 17:39 WIB
Sejumlah KKB berlindung di sekitar honai saat kontak tembak dengan TNI-Polri di Ilaga, Papua
Foto Ilustrasi (Foto: dok. Humas Satgas Nemangkawi)
Jakarta -

Satgas Nemangkawi terus memburu kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua yang sudah dinyatakan sebagai teroris oleh pemerintah. Dalam satu bulan terakhir, ada 15 teroris KKB yang dilumpuhkan, empat di antaranya tewas.

"Tercatat pada hasil satu bulan terakhir, 12 Mei sampai 12 Juni 2021, sudah 15 orang teroris bersenjata Papua berhasil dilumpuhkan: 4 meninggal dunia, 11 mengalami luka serius," ujar Kasatgas Humas Nemangkawi Kombes M Iqbal Alqudussy melalui keterangan tertulis, Sabtu (12/6/2021).

Iqbal mengatakan tindakan tegas terukur selalu dikedepankan oleh anggota TNI-Polri dalam pemberantasan teroris KKB. Dia mengklaim pihaknya telah mengidentifikasi markas hingga jaringan KKB.

"Kelompok-kelompok teroris bersenjata di Papua sudah kami identifikasi, baik teror-teror yang mereka lakukan, jaringan kelompok, maupun lokasi camp yang mereka tempati. Tinggal (tunggu) waktu saja," jelasnya.

Selain itu, Iqbal menegaskan TNI-Polri tidak akan berhenti mengejar teroris KKB. Iqbal menyebut masyarakat Papua harus terus dijaga dari ancaman mereka.

"Kami akan terus kejar KKTB, dan selalu menjaga, melindungi masyarakat setempat dari teror kelompok teroris tersebut," tutup Iqbal.

Selain penindakan terhadap anggota teroris KKB, penangkapan juga dilakukan terhadap orang-orang yang masuk daftar pencarian orang (DPO), baik kasus terorisme bersenjata maupun pelaku hoaks, provokasi kebencian, dan bentuk teror lainnya.

3 KKB Ditembak di Puncak

Sebelumnya, tiga anggota teroris kelompok kriminal bersenjata (KKB) ditembak tim Satgas Nemangkawi di Kabupaten Puncak, Papua. Salah satu anggota teroris KKB tersebut tewas.

"Kontak tembak tersebut mengakibatkan tiga orang pasukan KKB terkena tembakan," kata Kasatgas Humas Nemangkawi Kombes Iqbal Alqudussy, Jumat (11/6).

Dia mengatakan tim gabungan TNI-Polri itu terlibat baku tembak di Kampung Eromaga, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, pada Kamis (10/6). Satgas Nemangkawi terlibat baku tembak dengan teroris KKB pimpinan Lekagak Telenggen.

Iqbal menekankan aparat TNI-Polri akan terus menindak pelanggar hukum di Papua. Saat ini teroris KKB sudah makin terdesak.

"Kelompok teroris KKB ini sudah semakin terdesak, 3 anggotanya berhasil dilumpuhkan, dan penyebar hoax-nya berhasil kita tangkap, bagi penyebat hoax lainnya, agar bersiap TNI-Polri akan menegakkan hukum," ujarnya.

(zap/zap)