Sambut Hari Kemerdekaan, Puffin Paint Gelar Lomba Mural Nasionalisme

Content Promotion - detikNews
Minggu, 13 Jun 2021 09:05 WIB
Lomba Mural Puffin Paint
Foto: Puffin Paint
Jakarta -

Mural merupakan seni menggambar atau melukis dengan medium dinding, tembok, atau medium luas lainnya yang bersifat permanen. Meski demikian, mural tak sebatas untuk memperindah pemandangan, melainkan juga membawa pesan bagi masyarakat.

Di daerah Jakarta Utara misalnya, mural menghiasi tembok rumah di Jalan Pademangan II, Kelurahan Pademangan Timur, Kecamatan Pademangan. Mural tersebut difungsikan sebagai media belajar. Masyarakat dapat melihat gambar-gambar pahlawan Indonesia, angka-angka penjumlahan, hingga edukasi perilaku bermasyarakat.

Lomba Mural Puffin PaintFoto: Puffin Paint

Selain digunakan sebagai edukasi, seni mural pernah dipakai untuk menyambut ajang Asian Games 2018 di Jakarta dua tahun silam. Mural yang dihasilkan berupa gambar bendera negara dari peserta yang mengikuti ajang tersebut, serta ilustrasi lainnya.

Contoh di atas menandakan bahwa seni mural sebetulnya cukup dekat dengan masyarakat. Menyadari bermaknanya mulai di masyarakat, produsen cat Puffin Paint menyelenggarakan lomba mural bagi masyarakat Jabodetabek.

Adapun tema yang diangkat untuk perlombaan mural ini adalah Nasionalisme. Tema ini dipilih dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia.

Direktur Puffin Paint Erwin Wijaya mengatakan mural dapat memicu pemberdayaan masyarakat melalui kreativitas seni lukisan.

"Dalam rangka menyambut hari kemerdekaan Indonesia, kami mengadakan lomba mural agar peserta dapat berkreasi dengan gambar seperti tokoh pahlawan, ajakan menggunakan produk lokal, bangga terhadap Indonesia, Pancasila, dan sebagainya," ujar Erwin dalam keterangan resminya, Jumat (11/6/2021).

Dia juga mengungkapkan bahwa perlombaan semacam ini dinilai positif dan harus dikembangkan untuk menumbuhkan kesadaran nasionalisme pada generasi muda masa kini. Apalagi, menurutnya, ini dilakukan oleh masyarakat sekitar.

Lomba Mural Puffin PaintLomba Mural Puffin Paint Foto: Puffin Paint

Disebutkan, perlombaan mural dapat diikuti oleh berbagai kalangan dengan membuat lukisan mural di tembok jalanan umum. Dengan catatan, peserta sudah mendapatkan surat izin dari pihak RT/RW setempat.

Sementara itu, cat dan peralatan lainnya akan disediakan secara gratis oleh Puffin Paint selaku penyelenggara. Adapun pemenang perlombaan akan diumumkan pada Hari Kemerdekaan Indonesia, Agustus mendatang.

(ads/ads)