Mahfud soal UU ITE: Bunuh Diri Kalau Kita Cabut!

Farih Maulana Sidik - detikNews
Jumat, 11 Jun 2021 18:18 WIB
Menko Polhukam Mahfud Md
Mahfud Md (dok ist)
Jakarta -

Menko Polhukam Mahfud Md memastikan pihaknya tidak akan mencabut UU ITE. Menurut Mahfud, Indonesia bunuh diri jika mencabut UU ITE.

"Hasilnya itu UU ITE tidak akan dicabut, UU ITE tidak akan dicabut, bunuh diri kalau kita mencabut UU ITE," ujar Mahfud saat konferensi pers di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (11/6/2021).

Mahfud mengatakan kesimpulan tidak mencabut UU ITE ini berdasarkan diskusi dengan sejumlah pihak. Pemerintah mengikutsertakan 50 orang yang terdiri dari akademisi, praktisi hukum, NGO, korban UU ITE, pelapor UU ITE, politikus, dan jurnalis dalam memutuskan ini.

Mahfud mengatakan UU ITE ini sangat penting dan sudah hadir sejak 2008. Menurut Mahfud, undang-undang ini mengancam keamanan, kedaulatan, dan keutuhan bangsa di lingkungan digital.

"Ini mengancam keamanan, kedaulatan-keutuhan bangsa kita kalau kegiatan digital elektronik yang agak liar waktu itu dibiarkan, sehingga itu sudah diundangkan," jelasnya.

Mahfud juga memastikan pemerintah akan memperbaiki pasal-pasal yang sering menjadi polemik, seperti pasal karet. Dia memastikan dalam revisi UU ITE nanti tidak akan ada lagi pasal karet sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Presiden sudah berpidato secara terbuka kepada masyarakat agar dilakukan kegiatan ulang, kajian ulang itu pertama harus ada pedoman implementatif agar tidak dimain-mainkan seperti karet," tegasnya.

(zap/fjp)