Wakil Bupati Sangihe Meninggal Dunia di Pesawat, Ini Fakta-faktanya

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 11 Jun 2021 11:17 WIB
Wakil Bupati (Wabup) Kepulauan Sangihe, Helmut Hontong
Wakil Bupati Sangihe, Helmut Hontong (Foto: Dok. Pemkab Sangihe)
Jakarta -

Wakil Bupati Sangihe, Sulawesi Utara, Helmud Hontong dikabarkan meninggal dunia pada Rabu lalu (9/6). Dia meninggal dunia saat menumpangi pesawat rute Denpasar-Makassar.

detikcom merangkumkan sejumlah fakta soal kematian Wakil Bupati Sangihe berikut ini:

Wakil Bupati Sangihe Sempat Butuhkan Penanganan Medis

Dalam penerbangan Lion Air Boeing 737-900ER penerbangan JT-740, Wakil Bupati Sangihe, Helmud Hontong sempat memerlukan penanganan medis. Pimpinan awak kabin pun melakukan pemeriksaan dan mengumumkan apakah terdapat dokter atau tenaga medis yang juga ada di dalam pesawat tersebut.

"Di penerbangan JT-740 terdapat tenaga medis (kesehatan), yang dibuktikan dengan tanda identitas secara resmi.Menurut prosedur kerja penanganan penumpang, awak kabin segera memberikan POB (tabung oksigen portabel) dengan tindakan melonggarkan pakaian yang mengikat, membersihkan wajah penumpang, menyandarkan kursi, serta memasangkan masker oksigen," kata Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (10/6/2021).

Prosedur pertolongan darurat pun dilakukan dengan memasang tabung oksigen, melonggarkan pakaian yang mengikat. Pilot juga langsung berkoordinasi untuk landing di bandara terdekat, yang saat itu adalah Bandar Udara Internasional Hasanuddin.

Jenazah Wabup Helmut Hontong di ruangan VVIP Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado.Jenazah Wabup Helmut Hontong di ruangan VVIP Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado. Foto: Jenazah Wabup Sangihe Helmut Hontong saat di ruangan VVIP Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado. Kamis (10/6/2021). (Trisno-detikcom)

Wakil Bupati Sangihe Sudah Meninggal Usai Dijemput di Bandara

Usai pesawat mendarat, tim medis bandara langsung melakukan penjemputan dari pintu bagian belakang pesawat. Namun Wakil Bupati Sangihe telah meninggal dunia.

"Pesawat mendarat pada 16.17 Wita, ketika posisi pesawat sudah sempurna dan berada di landas parkir (apron) tim medis bersama petugas Lion Air melakukan penanganan dan penjemputan dari pintu pesawat bagian belakang, kemudian dilakukan pemeriksaan dan pertolongan," ujar Danang.

"Lion Air mendapatkan informasi dari pihak tim medis, bahwa penumpang inisial HH meninggal dunia. Atas nama manajemen dan seluruh karyawan Lion Air mengucapkan dukacita mendalam atas meninggalnya penumpang HH. Petugas Lion Air di Ambon bersama pendamping membantu proses pengurusan jenazah HH di rumah sakit," lanjut Danang.

Penyebab Kematian Wakil Bupati Sangihe

Wakil Bupati Sangihe, Sulawesi Utara, Helmund Hontong disebut meninggal dunia karena jantung. Hal itu disebut oleh Ketua DPP Golkar, Dave Laksono.

"Infonya jantung," kata Dave Laksono, saat dimintai konfirmasi, Kamis (10/6/2021).

Jenazah Wakil Bupati Sangihe Akan Diterbangkan ke Manado

Usai diperiksa dan dinyatakan sudah meninggal dunia, jenazah Wakil Bupati Sangihe akan diterbangkan ke Manado.

"Jenazah saat ini sementara berada di tempat pemulasaraan jenazah CV Daya Mitra Husada, dipersiapkan untuk diterbangkan ke Manado terus ke Tahuna pada hari Kamis 10 Juni," kata Pejabat Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Kabupaten Sangihe, Maya Budiman.

(izt/imk)