Doa Nabi Sulaiman dalam Al Quran versi Arab dan Latin

Kristina - detikNews
Kamis, 10 Jun 2021 22:03 WIB
Silhouette muslim dua to Allah over mosque sunset background
Foto: Getty Images/iStockphoto/Boonyachoat/Doa Nabi Sulaiman dalam Al Quran versi Arab dan Latin
Jakarta -

Nabi Sulaiman AS merupakan nabi yang memiliki berbagai keistimewaan. Putra Nabi Daud AS ini mewarisi sifat dan kemampuan ayahnya bisa memahami bahasa binatang.

Kemampuan ini dijelaskan dalam Al Quran surat An-Naml ayat 16

وَوَرِثَ سُلَيْمَٰنُ دَاوُۥدَ ۖ وَقَالَ يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ عُلِّمْنَا مَنطِقَ ٱلطَّيْرِ وَأُوتِينَا مِن كُلِّ شَىْءٍ ۖ إِنَّ هَٰذَا لَهُوَ ٱلْفَضْلُ ٱلْمُبِينُ

Arab latin: Wa wariṡa sulaimānu dāwụda wa qāla yā ayyuhan-nāsu 'ullimnā manṭiqaṭ-ṭairi wa ụtīnā ming kulli syaī`, inna hāżā lahuwal-faḍlul-mubīn

Artinya: Dan Sulaiman telah mewarisi Daud, dan dia berkata: "Hai Manusia, kami telah diberi pengertian tentang suara burung dan kami diberi segala sesuatu. Sesungguhnya (semua) ini benar-benar suatu kurnia yang nyata."

Nabi Sulaiman AS juga dianugerahi kekayaan, wilayah kerajaan, serta masyarakat yang makmur. Nabi Sulaiman AS bahkan pernah mengumpulkan jin, manusia, hingga burung di aula kerajaannya.

Sebagai manusia terpilih, Nabi Sulaiman kerap memanjatkan doa pada Allah SWT dalam berbagai kondisi. Al Quran mengabadikan doa nabi yang paham bahasa binatang, mengendalikan angin, hingga memimpin jin.

Berikut kumpulan doa Nabi Sulaiman AS:

1. Doa ungkapan syukur atas nikmatNya

فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنْ قَوْلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوْزِعْنِيْٓ اَنْ اَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِيْٓ اَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلٰى وَالِدَيَّ وَاَنْ اَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضٰىهُ وَاَدْخِلْنِيْ بِرَحْمَتِكَ فِيْ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيْنَ - ١٩

Arab-latin: fa tabassama ḍāḥikam ming qaulihā wa qāla rabbi auzi'nī an asykura ni'matakallatī an'amta 'alayya wa 'alā wālidayya wa an a'mala ṣāliḥan tarḍāhu wa adkhilnī biraḥmatika fī 'ibādikaṣ-ṣāliḥīn

Artinya: Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, "Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh." (QS An-Naml: 19).

2. Doa permohonan taubat dan kekayaan

قَالَ رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَهَبْ لِيْ مُلْكًا لَّا يَنْۢبَغِيْ لِاَحَدٍ مِّنْۢ بَعْدِيْۚ اِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ - ٣٥

Arab-latin: qāla rabbigfir lī wa hab lī mulkal lā yambagī li`aḥadim mim ba'dī, innaka antal-wahhāb

Artinya: Dia berkata, "Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh siapa pun setelahku. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Pemberi." (QS Shad: 35).

3. Doa menundukkan pembesar

30. اِنَّهٗ مِنْ سُلَيْمٰنَ وَاِنَّهٗ بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

31. أَلَّا تَعْلُوا۟ عَلَىَّ وَأْتُونِى مُسْلِمِينَ

Arab latin:

30. innahụ min sulaimāna wa innahụ bismillāhir-raḥmānir-raḥīm

31. Allā ta'lụ 'alayya wa`tụnī muslimīn

Artinya:

30. Sesungguhnya surat itu, dari SuIaiman dan sesungguhnya (isi)nya: "Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

31. Bahwa janganlah kamu sekalian berlaku sombong terhadapku dan datanglah kepadaku sebagai orang-orang yang berserah diri." (QS An-Naml: 30-31).

Diberitakan detikNews (16/10/2019), doa Nabi Sulaiman AS adalah mukjizat dari Allah SWT. Sehingga doa ini bukan untuk ditiru alias berlaku bagi orang lain. Wallahu a'lam.

(row/row)