Tim SAR Dibantu Ritual Keluarga Saat Cari Wanita Hilang di Gunung Abbo

Hermawan Mappiwali - detikNews
Kamis, 10 Jun 2021 08:51 WIB
Maros -

Keluarga Eva (24), yang hilang misterius di Gunung Abbo, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan (Sulsel), sempat membuat ritual khusus untuk mencari Eva. Tim SAR cukup dibantu dengan ritual yang dilakukan keluarga Eva tersebut.

"Ada ritual dari keluarga korban dari pagi," ujar Komandan Tim Basarnas Makassar Dadang Tarkas kepada detikcom, Kamis (10/6/2021).

Menurut Dadang, rangkaian ritual itu dilakukan beberapa jam sebelum Eva ditemukan pada Rabu (9/6) lalu oleh tim SAR gabungan yang berjumlah sekitar 150 orang. Anggota SAR juga diminta untuk mendampingi ritual itu.

"Sebelum ritual, diminta sama keluarga korban untuk mendampingi. Jadi ada beberapa teman-teman yang back up kegiatan itu. Sambil menunggu ritual, teman-teman (yang lainnya) sambil menyisir," ujar Dadang.

Dadang mengungkapkan, ritual keluarga itu didasari oleh kepercayaan masyarakat setempat bahwa sungai dangkal tempat korban hilang adalah tempat yang mistis. Keluarga sempat melakukan ritual dari kaki gunung hingga ke titik korban pertama kali hilang.

"Itu maksudnya ritual (menurut) orang daerah itu kalau bicara sejarah memang mistisnya di situ sangat kental akhirnya ritual di situ," katanya.

Berselang beberapa jam kemudian, lanjut Dadang, petugas SAR gabungan menemukan jaket korban sejauh 2 kilometer dari tempat korban hilang.

"Terus teman-teman monitor dari atas pada jam 10 ditemukanlah jaketnya korban, kemudian dilaporkan ke posko, dalam hal ini saya," katanya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.