Round-Up

Deja Vu Antrean Ambulans Bawa Pasien Corona di Wisma Atlet Kemayoran

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 10 Jun 2021 07:28 WIB
Sejumlah tenaga medis mengantar pasien COVID-19 dengan ambulans di kawasan Rumah Sakit Darurat COVID-19 Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Rabu (2/6).
Ilustrasi ambulans di kawasan Rumah Sakit Darurat COVID-19 Wisma Atlet. (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Antrean ambulans di RSD COVID-19 Wisma Atlet kembali terjadi. Data dalam sepekan terakhir, pasien COVID yang masuk Wisma Atlet mencapai 200 orang per harinya.

Antrean yang terjadi di Wisma Atlet itu seakan de javu ke akhir tahun 2020. Pada bulan September tahun lalu, ambulans di Wisma Atlet juga antre. Terjadi peningkatan pasien secara signifikan di Wisma Atlet.

Koordinator Operasional RSD Wisma Atlet, Kolonel dr Stefanus Dony menjelaskan antrean di tahun 2020 itu terjadi malam tadi hari pukul 21.00 WIB di depan tower 5, 6, dan 7. Dia menyebut antrean itu sudah biasa terjadi.

"Itu terjadi hal yang biasa antre untuk masuk ke IGD dan terjadi sesaat ya ramai sebelum jam 21.00 WIB," ucap Stefanus saat dikonfirmasi, Selasa (15/9/2020).

Stefanus mengatakan antrean tersebut merupakan pendaftaran pasien isolasi mandiri di tower 5. Selain itu, pasien gejala ringan sampai sedang juga mengantre saat itu untuk masuk di RSDC tower 6 dan 7.

Stefanus memastikan antrean tersebut bukan dikarenakan penuhnya RSD Wisma Atlet. Dia menyebut itu karena pasien datang secara bersamaan.

"Bukan karena penuh, kan masih banyak tempat, itu hanya datangnya aja bersamaan jadi perlu antrean," kata Stefanus.

Pada saat itu, antrean ambulans di Wisma Atlet viral. Tergambarkan sejumlah ambulans berbaris antre di depan RSD Wisma Atlet. Ambulans yang antre tersebut terlihat dari berbagai kecamatan dan Puskesmas. Seluruh ambulans yang antre juga tampak menyalakan sirine.

Antrean ambulans itu kembali terjadi pekan ini. Koordinator Humas RSD COVID-19 Wisma Atlet Letkol TNI Laut M Arifin mengatakan dalam sepekan terakhir ramai pasien COVID yang masuk ke Wisma Atlet.

"Iya, memang lagi ramai," ujar Arifin, kepada wartawan, Rabu (9/6/2021).

Arifin mengatakan 200 pasien COVID-19 masuk setiap hari dalam satu minggu terakhir. Per pagi tadi, tingkat keterisian di Wisma Atlet mencapai 52 persen.

"Pasien 3.221 per hari ini, pagi tadi. 200 (pasien masuk setiap hari), satu minggu terakhir ini," jelas dia.

Simak video 'Pasien Corona di Wisma Atlet Meroket, Kini Rawat 3.217 Orang':

[Gambas:Video 20detik]