Orang Tua Siswa Kembali Penuhi Kantor Disdik Keluhkan soal PPDB Sumut

Datuk Haris Molana - detikNews
Rabu, 09 Jun 2021 12:48 WIB
Suasana di Kantor Disdik Sumut (Datuk-detikcom)
Suasana di Kantor Disdik Sumut (Datuk/detikcom)

Ombudsman Minta Masa PPDB Diperpanjang

Ombudsman Perwakilan Sumut juga sempat memantau langsung keluhan orang tua siswa terkait PPDB Sumut di Kantor Disdik Sumut. Ombudsman Sumut menyebut aplikasi penerimaan itu dinilai kacau.

"Pertama saya lihat aplikasinya yang kacau ya. Jadi kayaknya tidak dipersiapkan dengan matang," kata Kepala Ombudsman Sumut Abyadi Siregar di Kantor Disdik Sumut, Medan, Selasa (8/6).

Abyadi menyebut ada beberapa kekacauan yang dicatat oleh pihaknya. Salah satu masalahnya adalah sekolah yang tidak sesuai dengan pilihan.

"Tadi saya menyarankan agar ini, karena kan sudah ada kerugian, jadi kami harapkan ini agar diperpanjang waktu pendaftaran ini. Saya melihat situasi ini murni ketidaksempurnaan aplikasi," ucap Abyadi.

Penjelasan Disdik

Disdik Sumut telah angkat bicara mengenai keluhan orang tua siswa terkait situs PPDB Sumut yang disebut eror. Disdik Sumut membantah tuduhan itu. Sekretaris PPDB Disdik Sumut Suhendri menganggap masyarakat belum memahami sepenuhnya cara mengoperasikan situs PPDB tersebut.

"Pada prinsipnya yang sedang hari ini terjadi adalah sebagian besar ada kesalahan dalam menggunakan alat komunikasi, kebanyakan ada yang menggunakan handphone, kemudian cache atau history yang ada di handphone itu tidak dihapus sehingga masyarakat mengalami kendala di situ, itu saja sebenarnya," kata Suhendri kepada wartawan di Kantor Disdik Sumut, Selasa (8/6).


(haf/haf)