Progres Capai 84%, Jokowi Targetkan LRT Jabodebek Beroperasi Juni 2022

Audrey Santoso - detikNews
Rabu, 09 Jun 2021 10:08 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengecek perkembangan pembangunan transportasi Lintas Rel Terpadu atau Light Rapid Transit (LRT) yang akan melintas di Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek) pagi ini. Jokowi mengatakan pada 2022 LRT ini akan diuji coba dan kemudian dioperasikan.

"Pagi hari ini saya berkunjung untuk melihat progress, perkembangan pembangunan LRT Jabodebek. Sudah selesai kurang-lebih 84 persen, 84,7 persen progres pembangunannya," kata Jokowi usai menaiki LRT tersebut dari Stasiun LRT Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, seperti yang disiarkan di YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (9/6/2021).

Jokowi menjelaskan LRT Jabodebek akan diuji coba pada April 2022. Kemudian, lanjut dia, LRT akan dioperasikan pada Juni 2022.

"Dan kita harapkan nanti di bulan April 2022 sudah mulai di-trial, mulai ujicoba. Dan akan kita mulai untuk operasional itu bulan Juni 2022," jelas Jokowi.

Jokowi lantas menerangkan alasan LRT Jabodebek dibangun, yakni untuk mendukung terwujudnya konsep transportasi massal yang terintegrasi. Konsep ini diyakini membuat efisien mobilitas warga.

"Kenapa LRT ini kita bangun? Kita ingin membangun transportasi massal yang terintegrasi. MRT, LRT, kereta bandara, bus TransJakarta, semuanya terintegrasi," ucap dia.

"Sehingga terjadi efisiensi dalam orang bepergian dari satu titik ke titik yang lain. Dan kita harapkan setelah ini selesai, kita akan masuk kepada titik-titik yang lain," sambung Jokowi.


Jokowi Bangga LRT Jabodebek Dibangun oleh Perusahaan Dalam Negeri

Jokowi menyebutkan LRT Jabodebek dikerjakan oleh PT INKA 100 persen. Pembangunannya pun dikerjakan oleh perusahaan konstruksi dalam negeri, yakni PT Adhi Karya.

"Tetapi saya tadi sudah mencoba LRT yang ini 100 persen dikerjakan oleh PT INKA, yang nanti akan dioperasikan oleh PT KAI. Semuanya dikerjakan di Indonesia, termasuk juga pembangunan konstruksinya oleh PT Adhi Karya," tutur Jokowi.

Jokowi menilai pentingnya pengalaman perusahaan dalam negeri membangun sarana dan prasarana transportasi, seperti LRT Jabodebek, agar ke depan perusahaan dalam negeri ini dapat berkarya di negara lain.

"Saya kira pengalaman dalam pembangunan seperti ini juga yang kita butuhkan, sehingga kita memiliki pengalaman membangun konstruksi LRT, pengalaman membangun keretanya oleh PT INKA. Yang ini nanti akan menjadi sebuah fondasi apabila kita mebangun LRT, membangun kereta untuk negara-negara lain," ungkap Jokowi.

"Sekarang kan kita sudah ekspor kereta ke Bangladesh, ke Filipina, dan kita harapkan LRT juga akan seperti itu. Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan, dan tadi kita mencoba keretanya halus, nyaman, kecepatannya juga baik, dapat diredam tanpa suara, nyaman sekali," pungkas dia.

Presiden Jokowi cek perkembangan pembangunan LRT JabodebekPresiden Jokowi cek perkembangan pembangunan LRT Jabodebek (Tangkapan layar video YouTube Sekretariat Presiden)
(aud/haf)