Golkar Jawa Timur Kenang Soeharto: Mikul Dhuwur Mendhem Jeru

Inkana Putri - detikNews
Rabu, 09 Jun 2021 09:49 WIB
Golkar Jawa Timur gelar doa dan tahlil seabad Soeharto
Foto: Golkar Jatim
Jakarta -

Golkar Jawa Timur menggelar doa dan tahlil untuk mengenang satu abad kelahiran Soeharto. Ketua DPD Golkar Jawa Timur M. Sarmuji mengatakan Soeharto merupakan tokoh penting yang telah berkontribusi dalam pembangunan Indonesia. Selama 32 tahun memimpin Indonesia, Soeharto juga telah menghadirkan berbagai karya dalam pembangunannya.

"Dengan segala kelebihan dan kekurangannya Pak Harto pernah berkontribusi dalam perjalanan bangsa. Sudah selayaknya sebagai warga negara kita menghormati beliau," ucap Sarmuji dalam keterangan tertulis, Rabu (9/6/2021).

Lebih lanjut Alumnus Universitas Jember ini mengatakan Soeharto tidak mungkin dipisahkan dari Golkar. Oleh karena itu, dalam kesempatan tersebut, keluarga besar Partai Golkar ingin mengenang dan meneladani kisah-kisah Soeharto.

"Sebagai kader dan keluarga besar Golkar, kita wajib mengingat jasa baik beliau apalagi beliau sudah mendahului kita. Seperti juga pernah diucapkan Pak Harto, kita mesti mikul dhuwur mendhem jeru (mengingat jasa baik setinggi-tingginya, mengubur kesalahan sedalam-dalamnya)," tambahnya.

Sarmuji meyebut acara yang digelar oleh DPD Golkar Jatim ini juga merupakan bentuk aspirasi masyarakat. Pasalnya, sebagian masyarakat yang pernah hidup di zaman Soeharto masih mengingat perubahan hidup dari kondisi yang serba kekurangan menjadi lebih sejahtera. Dan dari kondisi yang dulunya sulit untuk makan hingga dapat menyekolahkan anaknya.

"Doa dan tahlil ini adalah aspirasi kader-kader Golkar Jawa Timur yang terus mengingat masa-masa pemerintahan beliau," ungkapnya.

Sementara itu, perwakilan keluarga Soeharto Muhammad Ali Reza mengapresiasi inisiatif dan usaha yang dilakukan DPD Golkar Jawa Timur. Ia pun meminta agar membuka pintu maaf bagi almarhum Soeharto.

"Kami dari keluarga almarhum jenderal besar Haji Muhammad Soeharto mengucapkan beribu-ribu terima kasih, kami sangat menghargai aspirasi Golkar Jawa Timur. Kami mohon dibukakan pintu maaf sebesar-besarnya almarhum Eyang (sebutan untuk Soeharto). Mudah-mudahan kita semua diberikan keberkahan dari Allah," pungkasnya.

Simak juga 'Keluarga Cendana Gelar Syukuran Seabad Soeharto, Prabowo-Anies Hadir':

[Gambas:Video 20detik]



(fhs/ega)