KPK Endgame: Akun Pembuat Film Dibajak-Ditonton Pegawai Tak Lolos TWK

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 08 Jun 2021 17:59 WIB
Film dokumenter KPK Endgame ditonton oleh pegawai tak lolow TWK.
KPK Endgame: Akun Pembuat Film Dibajak-Ditonton Pegawai Tak Lolos TWK (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Film dokumenter 'KPK Endgame' jadi sorotan setelah ditonton para pegawai KPK yang tidak lolos tes wawasan kebangsaan (TWK) sebagai ASN. Bahkan akun media sosial Twitter dan Instagram pembuat film ini diketahui sempat dibajak.

Berikut serba-serbi soal film dokumenter KPK Endgame yang jadi sorotan:

KPK Endgame Ditonton Pegawai Tak Lolos TWK

Novel Baswedan dan sejumlah pegawai yang tak lolos TWK menggelar nonton bareng (nobar) film dokumenter 'KPK Endgame' pada Senin (7/6). Nobar tersebut dilangsungkan di auditorium gedung Anti-Corruption Learning Center (ACLC) KPK, yang juga kantor Dewas, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan.

Nobar itu juga dihadiri oleh Kasatgas Penyelidik Harun Al Rasyid, Kasatgas Penyidik Rizka Anungnata, serta pegawai-pegawai lainnya.

Novel BaswedanNovel Baswedan, salah satu pegawai tak lolos TWK KPK yang hadir dalam nobar KPK Endgame (Farih/detikcom)

Momen kilas balik sebelum KPK berdiri hingga kini juga ditampilkan. Para pegawai tetap berani mengusut kasus korupsi meski teror kerap dialami.

Kisah perjuangan Novel Baswedan setelah mata kirinya tak bisa melihat akibat disiram air keras juga ditampilkan. Mereka pun kini harus 'tersingkir' lewat TWK.

KPK Endgame: Kisah Pegawai KPK Diangkat Film Dokumenter

Film dokumenter berjudul 'KPK Endgame' bercerita tentang kisah 16 pegawai KPK yang tak lolos TWK sebagai syarat ASN. Latar belakang kehidupan masing-masing pegawai juga disorot. Tak hanya itu, film tersebut juga bercerita tentang kejanggalan yang ditanyakan pada mereka saat TWK dilaksanakan.

Harun Al-Rasyid pun angkat bicara seusai nobar. Ia menyebut kisah perjuangan para pegawai KPK terangkum jelas dalam film 'KPK Endgame'.

"Saya sendiri di film ini juga boleh dikatakan sebagai aktor dan memberikan testimoni terhadap apa yang kita alami, mulai sejak KPK itu awal-awal berdiri, kemudian di masa-masa pertengahan, kemudian di masa-masa sekarang ini," kata Harun.

"Seperti yang tadi sudah teman-teman juga saksikan, itu memang bahwa gangguan dan upaya-upaya untuk pelemahan terhadap KPK ini bukan hanya terjadi sekarang ini. Itu setidaknya dari awal-awal KPK berdiri, itu sudah ada gangguan-gangguan dan upaya-upaya untuk melemahkan, tapi sifatnya masih kecil-kecil ya," tambahnya.

Akun Twitter Pembuat KPK Endgame Sempat Dibajak

Tak hanya keanehan yang dirasakan para pegawai KPK yang tak lolos TWK, pembuat film dokumenter 'KPK Endgame' pun mendapat 'gangguan'. Diketahui akun Twitter dan Instagram rumah produksi film, Wathcdoc Indonesia, sempat dibajak.

Aksi pembajakan Twitter terjadi pada Minggu (6/6) sekitar pukul 16.00 WIB.

"Kawan-kawan, akun Twitter kami sudah dapat dipulihkan kembali. Sekitar pukul 4 sore tadi akun kami diambil alih oleh pihak yang tidak bertanggung jawab," tulis akun @KPK_EndGame2021, Minggu (6/6/2021).

"Setelah sempat mengambil alih akun kami, pihak tersebut juga menghapus keseluruhan tweets yang telah kami unggah, dan proxy yang mereka gunakan seperti gambar di bawah ini. Tindakan tersebut terjadi sekitar pukul 4 sore tadi," lanjut cuitan tersebut.

"Akun Instagram @watchdoc_ID juga diambil alih, dan hingga saat ini masih dalam proses recovery. Kita berharap akun Instagram Watchdoc dapat kembali untuk dikelola oleh tim," cuit @KPK_EndGame2021.

detikcom kembali mengecek akun Instagram pembuat film dokumenter 'KPK Endgame'. Per pukul 17.38 WIB, Selasa (8/6), akun tersebut tampak hanya memiliki tiga unggahan watchdoc_id. Unggahan terakhir yang terlihat pada 2014 terkait film dokumenter 'Yang Ketu7uh'.

Simak Video: Sambangi Komnas HAM, Novel Cs Serahkan Bukti Soal TWK

[Gambas:Video 20detik]



(izt/dhn)