BKSDA Tunggu Hasil Camera Trap Ungkap Makhluk Misterius di Agam Sumbar

Sulthan Jeka Kampai - detikNews
Selasa, 08 Jun 2021 14:58 WIB
Petugas BKSDA memasang kamera untuk melacak makhluk misterius yang bikin heboh Agam.
Petugas BKSDA memasang kamera untuk melacak makhluk misterius yang bikin heboh Agam. (Antara/detikcom)
Agam -

Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) masih mencari tahu makhluk misterius hitam dan berbau yang membuat teror warga di Kabupaten Agam, Sumatera Barat, beberapa hari terakhir. Hingga saat ini, BKSDA masih melakukan pemantauan dari camera trap.

"Hingga saat ini masih dalam pemantauan. Kita pantau melalui kamera yang sudah kita pasang," kata Ade Putra, Kepala BKSDA Agam, yang dikonfirmasi detikcom, Selasa (8/6/2021).

Ade mengakui pihaknya mendapat laporan dari warga di sejumlah tempat akan adanya makhluk misterius berwarna hitam dan mengeluarkan bau busuk. Makhluk tersebut berkeliaran di area dekat permukiman warga.

"Ada tiga kamera yang kita pasang, di tiga lokasi. Harapan kita bisa segera mengungkap misteri yang jadi kekhawatiran warga selama ini," kata dia.

Ade merinci tiga camera trap itu masing-masing satu kamera di pasang di Gantiang Jorong Pasa Palembayan, sedangkan dua kamera disebar di daerah Lakuak Jorong Palembayan Tangah.

Meski belum mendapati hasil pasti, dari analisis sementara, kata Ade, pihaknya menduga makhluk misterius itu adalah satwa jenis beruang madu.

"Kita sudah turun ke lokasi dan melihat kondisi di sana. Kesimpulan sementara berdasarkan hasil identifikasi lapangan, dengan mengamati tanda-tanda lapangan berupa jejak dan cakaran, ada kemungkinan itu adalah beruang madu. Namun kita tentu harus melihat dulu hasil pengamatan kamera yang sudah kita padang," katanya lagi.

Kesaksian Warga soal Makhluk Misterius

Wali Jorong Palembayan Tangah, Khairul Amri, menyebut kemunculan makhluk misterius itu bikin gempar warga sejak beberapa bulan lalu. Makhluk itu disebut meresahkan warga di Lakuak, Balai Kamih, Kampung Lurah, dan Gantiang.

Warga merasa resah setelah salah seorang warga atas nama Darwis melihat makhluk itu. Berdasarkan keterangan Darwis, kata Khairul, makhluk misterius itu berwarna hitam dan berbau busuk.

"Darwis melihat makhluk itu berwarna hitam dan berbau busuk saat pulang dari warung," katanya.

Ada pula warga yang mengaku telah dua kali melihat makhluk misterius itu. Warga bernama Syofian itu menyebut makhluk itu berukuran tinggi sekitar 1,65 meter dan cepat menghilang dalam gelap. Ada pula warga yang menyebut tak ada jari pada jejak kaki makhluk itu.

Simak Video: Terekam Kamera, Ini 'Makhluk Misterius' yang Resahkan Agam Sumbar

[Gambas:Video 20detik]



(aud/aud)