PAN Ingin Calonkan Putri Zulkifli Hasan di Pilgub DKI 2024

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Selasa, 08 Jun 2021 11:37 WIB
Wakil Ketua DPRD DKI dari Fraksi PAN, Zita Anjani
Wakil Ketua DPRD DKI, Zita Anjani (Foto: Dok. Pribadi)
Jakarta -

PAN mulai bicara soal Pilkada DKI Jakarta 2024. PAN mau mengusung calon dari kader internal untuk maju di Pilgub DKI.

"Pilgub DKI masih lama, 27 November 2024. Pilkada nanti didasarkan pada hasil perolehan pemilu legislatif pada 28 Februari 2024," kata juru bicara PAN, Viva Yoga Mauladi, kepada wartawan, Selasa (8/6/2021).

Viva mengatakan PAN memiliki sembilan kursi di DPRD DKI Jakarta. Dia mengatakan PAN memasang target mendapat 17 kursi di DPRD DKI pada Pemilu 2024.

"Memang bukan pekerjaan mudah. Butuh perjuangan dan kerja keras kader partai, meskipun pencapaian hasil kursi itu bukan hal yang mustahil," ujat Waketum PAN ini.

Dia kemudian bicara soal nama yang mau dicalonkan untuk maju di Pilgub DKI 2024. Menurut Viva, sosok yang paling berpeluang diusung PAN adalah Wakil Ketua DPRD DKI Zita Anjani, yang juga putri Ketum PAN Zulkifli Hasan.

"Saat ini PAN belum memutuskan. Tapi yang memiliki peluang optimal untuk dapat dicalonkan adalah Zita Anjani, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta," ucapnya.

Viva kemudian menjelaskan alasan PAN mau mencalonkan Zita Anjani. Menurut Viva, Zita memiliki pengalaman terkait berbagai permasalahan di DKI Jakarta.

"Alasannya, pertama, Mbak Zita sebagai pimpinan DPRD DKI Jakarta telah memiliki pengalaman dan pengetahuan tentang problematika DKI Jakarta. Dari sini, tentu akan dapat mencari alternatif solusi terbaik buat pembangunan DKI Jakarta," ucapnya.

Alasan lain yang diungkap Viva adalah Zita menaruh perhatian di bidang kesehatan hingga usaha kecil-menengah. Peluang itu bisa digunakan Zita untuk memimpin Jakarta.

"Kedua, Mbak Zita perduli pada bidang pendidikan, pengembangan UMKM, kesehatan, dan kesejahteraan. Tentu hal itu akan memberikan harapan yang baik jika mbak Zita dapat memimpin masyarakat DKI Jakarta," tuturnya.

Simak juga 'Saat Zita Anjani Mengomentari Penanganan Banjir DKI':

[Gambas:Video 20detik]



(rfs/haf)