20 Pemudik yang Masuk Maluk NTB Dites Antigen, Hasilnya Non-Reaktif

Jihaan Khoirunnisaa - detikNews
Senin, 07 Jun 2021 21:58 WIB
Polda NTB
Foto: dok. Polda NTB
Jakarta -

Pemerintah Kecamatan Maluk, Sumbawa Barat bersama TNI-Polri melaksanakan pemeriksaan swab antigen terhadap 20 orang pemudik. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mencegah penularan Corona, sekaligus mensukseskan Kampung Sehat 2.

Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Herman Suriyono, melalui Kasi Humas Polres Sumbawa Barat Ipda Edy Subandi menjelaskan tes antigen dilaksanakan atas dasar kesepakatan bersama, termasuk TNI-Polri dan Satgas COVID-19 setempat.

"Mereka sepakat untuk lakukan swab antigen kepada warga yang baru datang ke Maluk, guna mencegah COVID-19 masuk ke wilayah kecamatan dan menjangkiti warga lainnya," jelas Edy dalam keterangan tertulis, Senin (7/6/2021).

Di bawah pimpinan langsung Kapolsek Maluk AKP Sidik Pria Mursita, kegiatan swab antigen dipusatkan di SPBU Maluk. Adapun dari hasil tes, para pemudik tersebut dinyatakan non-reaktif.

"Bersyukur tidak ada yang terpapar COVID-19, dari hasil pemeriksaan para pemudik sehat semua tidak ada yang terpapar," katanya.

Logo Kampung Sehat Polda NTBLogo Kampung Sehat Polda NTB Foto: Polda NTB

Selain swab antigen, lanjut dia, kegiatan lain yang dilakukan meliputi pendataan hingga pengecekan suhu pemudik. Lebih lanjut dia menyebut pelaksanaan tes antigen turut dihadiri oleh Camat Maluk, Ka Uptd Puskesmas Maluk, Danposmad AL Benete, Bhabinkamtibmas Desa Pasir Putih, serta beberapa tenaga medis lainnya.

"Rangkaian kegiatan yang kami lakukan dalam pelaksanaan swab antigen ini, guna mendata pemudik, mengecek suhu tubuh, melakukan swab antigen kepada pemudik, dan menentukan hasil," pungkasnya.

(prf/ega)