e-Life

Alasan Sudirman - Thamrin Jadi Track Idola Pengguna Road Bike

dtv - detikNews
Senin, 07 Jun 2021 20:20 WIB
Jakarta -

Akhir-akhir ini, peleton road bike yang melintas di jalan raya semakin marak dijumpai. Para pesepeda road bike yang membentuk formasi ini bisa berbentuk kelompok kecil 3-5 orang. Dalam kelompok-kelompok besar, satu peleton road bike bisa berisi 30 hingga 35 orang.

Selain persoalan kecepatan sepeda yang bisa mencapai 35-40km/jam, aktivitas sepeda road bike secara berkelompok juga tidak memungkinkan pengendaranya untuk menggunakan lintasan sepeda yang disediakan pemerintah.

"Kita butuh kurang lebih 4 meter atau 3 meter setengah. Butuh space kiri kanan. Nggak mungkin juga kita butuh jalan 3 meter atau 3 meter setengah dimasukin di jalur yang ada way hijaunya itu. Yang ada kita pasti berbenturan, dan itu nggak mungkin nggak ada orang lain yang pakai," jelas Professional Biker dan Trainer, Tino Latuheru dalam program e-Life di detikcom.

Adapun alasan mengapa pesepeda road bike lebih sering melintas berkelompok adalah karena cara ini lebih aman. Pesepeda yang berada di formasi paling depan bisa membantu pesepeda di belakangnya untuk melaju.

Salah satu spot favorit pesepeda road bike di Jakarta adalah di daerah Sudirman-Thamrin."Thamrin-Sudirman itu udah paling number one itu udah kemana-mana itu. Kalau bilang Sudirman loop, orang itu taunya ya itu dia, the best-nya," ujar Tino.

Perihal menggunakan jalan raya untuk lintasan road bike, Tino selalu menekankan untuk berperilaku bijak, baik bagi pesepeda road bike maupun pengguna jalan lainnya.

"Kita musti juga mengedukasi masyarakat, dan juga kita sebagai komunitas sepeda kita juga musti ada tim edukasi bahwa jalan ini milik orang juga, bukan milik kita," tuturnya.


Tonton video e-Life selengkapnya dengan tema ROAD BIKE di bawah ini:

[Gambas:Video 20detik]




(gah/gah)