e-Life

Gaungkan Share The Road, Jalur Sepeda Bukan Habitat Road Bike

dtv - detikNews
Senin, 07 Jun 2021 17:45 WIB
Jakarta -

Road bike menjadi jenis sepeda yang sedang naik daun belakangan ini. Kerap kali ditemukan pengguna road bike melintas keluar dari jalur khusus sepeda yang sudah disediakan.

Bukan tanpa alasan, seorang Professional Biker dan Trainer Tino Latuheru menyatakan bahwa jalur khusus sepeda yang ada belum bisa digunakan oleh pesepeda road bike. Hal ini dikarenakan terdapat kecepatan maksimum bila melintasi jalur khusus tersebut.

"Di jalur sepeda yang telah dibuat oleh pemerintah, bagus sekali gitu ya. Cuma kan itu untuk 25km/jam, maksimum 25km speednya. Sementara temen-temen yang ada di dalam kegiatan road bike pagi-pagi dengan kelompok itu, itu bisa 40 off 50km speednya. Dan itu ada yang 30km/jam, ada yang 35km/jam, ada yang 40km/jam, begitu cepatnya. Sehingga, jalur yang kecil itu kemungkinan mohon maaf, belum bisa dipergunakan sama kita," jelas Tino dalam program e-Life di detikcom.

Toni juga mengimbau bagi pengguna jalan untuk lebih bijak dalam menggunakan jalan secara bersama. "Sebenernya sih kawan-kawan itu mesti lebih wise aja. Ada satu kata yang mungkin perlu digaungkan ya sama kawan-kawan, kalo bahasa inggrisnya tuh share the road. Share the road itu kita berbagi jalanan, berbagi," ungkap Tino.

Selain itu juga perlu adanya pembelajaran atau informasi yang jelas untuk para pesepeda dan juga masyarakat. "Menurut saya bahwa memang perlu pembelajaran ya, pembelajaran atau informasi yang jelas buat masyarakat dan buat si penghobi sepeda itu sendiri," tambah Tino.

Khusus untuk para pesepeda, Toni mengingatkan untuk meningkatkan kesadaran dalam berbagi jalan dengan pengguna lain. "Tapi tetep, sebagai kelompok sepeda, sebagai grup sepeda kita musti aware bahwa share the road, kita bagi jalan ini untuk kita dan untuk orang lain. Jangan lupa bahwa orang lain juga butuh waktu, bukan hanya kita, gitu," jelas Tino.

Tonton video e-Life selengkapnya dengan tema ROAD BIKE di bawah ini:

[Gambas:Video 20detik]



(gah/gah)