Situs PPDB Jakarta 2021 Sulit Diakses, Pengajuan Akun Disetop Sementara

Tim detikcom - detikNews
Senin, 07 Jun 2021 15:52 WIB
Ilustrasi PPDB (Andhika Akbarayansyah)
Foto Ilustrasi PPDB (Andhika Akbarayansyah/detikcom)
Jakarta -

Situs resmi PPDB Jakarta 2021 masih sulit diakses. Imbasnya, proses pengajuan akun dihentikan sementara.

Pemberitahuan ini tercantum di situs resmi ppdb.jakarta.go.id. Dilihat pukul 15.39 WIB, muncul pop up pemberitahuan situs PPDB Jakarta 2021 sedang dioptimalisasi.

"Sehubungan dengan optimalisasi sistem PPDB online, pengajuan akun akan dihentikan sementara," demikian pemberitahuan di situs PPDB Jakarta 2021, seperti dilihat, Senin (7/6/2021).

PPDB Jakarta 2021: Penghentian Hingga Pukul 18.00 WIB

Penghentian sementara itu akan berlangsung selama dua jam mulai pukul 16.00 WIB sampai 18.00 WIB. Setelah optimalisasi situ selesai, proses pengajuan akun kembali bisa dilakukan kembali.

"Waktu pendaftaran akan diperpanjang sampai dengan tanggal 10 Juni 2021," tulis di situs PPDB Jakarta.

Tahapan PPDB Jakarta 2021 dimulai dari pengajuan akun di website ppdb.jakarta.go.id. Kemudian dilanjutkan aktivasi token, pemilihan sekolah, proses seleksi, hingga pengumuman.

"Mohon maaf atas ketidaknyamanannya," tulis PPDB Jakarta.

Ortu Keluhkan Situs PPDB Jakarta 2021

Sebelumnya diberitakan, orang tua mengaku menemukan kendala saat mendaftar PPDB Jakarta 2021 secara online. Dinas Pendidikan DKI Jakarta mengakui website PPDB sempat mengalami keterlambatan ketika diakses.

"Jadi begini, pada saat start, itu kan load memang tinggi, hampir semua CPDB (calon peserta didik baru) masuk mendaftar mengajukan akun, jadi ada pelambatan saja," kata Ketua Panitia PPDB DKI Jakarta 2021 Slamet saat dihubungi.

Slamet, yang juga menjabat Kepala Suku Dinas Pendidikan Wilayah 1 Jakarta Pusat, mengatakan pelambatan terjadi karena banyaknya calon peserta didik baru (CPDB) mengakses website secara bersamaan. Namun dia memastikan tak terjadi kegagalan sistem.

"Data kami sudah mencatat juga beberapa CPDB sudah sukses mendaftar dan milih sekolah. Jadi tidak ada down ya," tegasnya.

Slamet juga mengatakan pihaknya telah berupaya memperbesar bandwidth situsnya sebelum PPDB diselenggarakan. Dia meminta para orang tua tak perlu khawatir dan terus mencoba mengakses website PPDB.

Simak juga video 'Soal PPDB DKI, Anies Tak Ingin Ada 'Hidden Privilege'':

[Gambas:Video 20detik]



(idn/imk)