Round-Up

Mesra Megawati-Prabowo Kala Resmikan Patung Bung Karno

Tim detikcom - detikNews
Senin, 07 Jun 2021 05:59 WIB

Kompak Ceritakan Kisah di Balik Patung Bung Karno Berkuda

Megawati dan Prabowo juga kompak menceritakan kisah di balik patung Bung Karno berkuda. Prabowo mengungkap Bung Karno berlatih selama 3 hari demi bisa memimpin upacara angkatan perang dengan berkuda.

"Patung ini adalah ketika Presiden Soekarno sebagai panglima tertinggi kita yang pertama pada hari angkatan perang yang pertama yaitu 5 Oktober 1946 di Yogyakarta menjadi inspektur upacara, di mana untuk pertama kali Republik Indonesia menunjukkan bahwa Republik Indonesia memiliki angkatan perang yang siap untuk mempertahankan kemerdekaan itu dan waktu itu sebagai inspektur upacara sebagaimana tradisi waktu itu para pimpinan tentara meminta kesediaan beliau untuk menjadi inspektur upacara di atas kuda," kata Prabowo.

"Kita mengetahui sejarah bahwa pada saat itu Bung Karno jarang naik kuda tetapi karena beliau sadar peran beliau sebagai panglima tertinggi akhirnya beliau latihan hanya 3 hari dan kemudian bersedia menjadi inspektur upacara di atas kuda," ujarnya.

Sementara, Megawati mengungkap cerita yang pernah dikisahkan sang ibunda, Fatmawati. Bahwa kala itu, sang ayah meminta dicarikan kuda yang jinak demi bisa menunggang kuda saat upacara.

"Patung Bung Karno yang mengambil momentum ketika Bung Karno sedang menunggang kuda, tapi Bapak Prabowo menceritakan seperti apa, bapak saya, pada waktu itu saya dengar ceritanya dari ibu saya, sangat panik karena seperti apa yang dikatakan tidak tahu bagaimana menunggang kuda," kata Megawati.

"Karena sebagai presiden pada waktu itu, ini menurut cerita ibu saya, maka beliau minta untuk dicarikan kuda yang jinak, jadi tidak dapat saya bayangkan dengar cerita ibu saya itu bagaimana seorang panglima tertinggi kudanya itu jinak, tentunya seharusnya garang menurut saya," lanjutnya.

Berbincang Akrab

Kebersamaan keduanya pun terus terekam selama acara berlangsung. Prabowo dan Megawati tampak bersama-sama meresmikan patung Bung Karno. Keduanya juga tampak berjalan berdua saat akan melakukan sesi foto bersama.

Megawati dan Prabowo bahkan terlihat bersama-sama melihat patung Bung Karno yang berdiri kokoh. Keduanya kerap tertangkap kamera tengah berbincang berdua. Tawa bahkan terlihat merekah dari bibir Megawati saat berbincang dengan sahabatnya itu.

Prabowo juga terlihat mengantar Megawati kembali ke mobilnya. Dia tampak memberikan hormat saat mobil Megawati meninggalkan Gedung Kemhan.


(mae/maa)