Round-Up

Mesra Megawati-Prabowo Kala Resmikan Patung Bung Karno

Tim detikcom - detikNews
Senin, 07 Jun 2021 05:59 WIB
Jakarta -

Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto tampil mesra berdua. Keakraban keduanya terlihat saat meresmikan patung Presiden ke-1 Sukarno atau Bung Karno.

Megawati secara khusus diundang Prabowo untuk ikut meresmikan patung sang ayah di Gedung Kementerian Pertahanan, Minggu (6/6). Patung Bung Karno tengah menunggang kuda itu dibangun megah di halaman Gedung Kemhan.

Momen keakraban keduanya tergambar usai Prabowo memberikan sambutannya. Saat kembali ke kursinya yang berada di sebelah kiri Megawati, Prabowo tampak menganggukkan kepala ke Ketua Umum PDIP itu. Megawati pun balas mengangguk.

Prabowo Dampingi Megawati Sambutan

Tak lama, Megawati diminta untuk memberikan sambutan. Megawati pun melangkah menuju podium sambil dituntun sang putra, Prananda Prabowo. Prabowo yang belum semenit duduk, langsung berdiri. Menyusul Megawati.

Selama Megawati memberikan sambutan, Prabowo tampak berdiri mendampingi di belakangnya dan mendengarkan dengan seksama.

Megawati Sebut Prabowo Sahabat

Dalam sambutannya, Megawati secara khusus menyampaikan terima kasih ke Prabowo. Dia bahkan menyebut Ketua Umum Partai Gerindra itu sebagai sahabat.

"Atas nama pribadi dan keluarga Bung Karno, saya mengucapkan terima kasih dan penghormatan secara khusus kepada Bapak Prabowo, Menteri Pertahanan Republik Indonesia dan sekaligus sahabat saya atas peresmian patung Bung Karno ini," ujar Megawati.

Megawati mengungkapkan, peresmian patung Bung Karno hari ini pun menjadi momen yang sangat istimewa baginya dan keluarganya. Apalagi, peresmian patung sang ayah bertepatan dengan peringatan kelahiran sang proklamator yang ke-120 tahun.

"Kebetulan bertepatan pada peringatan kelahiran beliau yang ke-120 tahun. Jadi sungguh menurut kami keluarga sangat istimewa. Momentum ini tidak hanya mengingatkan seluruh perjuangan putra Sang Fajar tersebut bagi seluruh ide, gagasan, cita-cita dan perjuangan bagi bangsa dan negara Indonesia tercinta," tutur dia.

"Bung Karno melalui seluruh peran kuncinya di Konferensi Asia Afrika. Untuk diketahui Konferensi Asia Afrika ini telah dapat diterima oleh PBB melalui UNESCO menjadi sebuah heritage of the world sehingga sebagai bangsa Indonesia sebenarnya kita seharusnya bangga," imbuh Megawati.

Keakraban Megawati dan Prabowo terus terlihat selama peresmian. Simak di halaman berikutnya.