Bamsoet Apresiasi HDCI Ambil Peran Jadi Duta Empat Pilar MPR RI

Erika Dyah Fitriani - detikNews
Minggu, 06 Jun 2021 18:05 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo
Foto: MPR
Jakarta -

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo mengapresiasi langkah Harley-Davidson Club Indonesia (HDCI) yang turut memasukan misi sosialisasi Empat Pilar MPR RI dalam Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga organisasi. Diketahui, ia bersama sejumlah tokoh lain baru saja diangkat sebagai Anggota Kehormatan oleh HDCI.

Bamsoet menyebutkan sejumlah nama yang turut diangkat sebagai Anggota Kehormatan oleh HDCI, di antaranya Jaksa Agung Burhanuddin ST, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan pendiri ESQ Leadership Center Ary Ginanjar Agustian.

"Melalui berbagai kapasitas dan potensi yang dimiliki, HDCI telah mengambil peran sebagai duta Empat Pilar MPR RI. Senapas dengan kultur organisasi HDCI yang keanggotaannya bersifat inklusif dan merangkul semua golongan, tanpa membedakan latar belakang suku, agama, ras, ataupun afiliasi politik," ujar Bamsoet dalam keterangannya, Minggu (6/6/2021).

Dalam acara Inagurasi Honorary Member HDCI di Komplek Gedung MPR RI, ia menjelaskan bahwa anggota HDCI juga tidak melupakan dimensi mentalitas dan spiritualitas dalam berbagai aktivitasnya. Bamsoet mengungkap anggota HDCI sering melakukan berbagai kegiatan sosial kemanusiaan sebagai upaya mendekatkan diri kepada sesama manusia dan juga Tuhan Yang Maha Esa.

"Melalui HDCI, para anggota diajarkan untuk memposisikan keberagaman sebagai kekayaan yang menyatukan, bukan perbedaan yang memisahkan. Berlandaskan semangat kebersamaan, jiwa solidaritas, dan penghormatan pada nilai-nilai persaudaraan atau brotherhood, menjadikan HDCI sebagai bagian dari Rumah Besar Kebangsaan MPR RI," jelas Bamsoet.

Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini juga mengajak para anggota HDCI untuk membantu pemerintah daerah maupun pusat dalam mempromosikan berbagai destinasi pariwisata. Adapun cara yang dapat dilakukan yaitu melalui berbagai touring maupun aktivitas lainnya.

Ia berharap melalui hal tersebut, anggota HDCI bisa membantu mempercepat pemulihan ekonomi masyarakat yang sempat terpuruk akibat pandemi COVID-19.

"Pemerintah Provinsi Jawa Barat di bawah kepemimpinan Kang Ridwan Kamil juga sudah menawarkan kepada para pecinta otomotif untuk memanfaatkan lahan di daerah sekitar Jatinangor untuk pengembangan industri modifikasi otomotif, sebagai bagian menggerakan ekonomi rakyat," ungkapnya.

"Modifikasi otomotif termasuk dalam turunan lima sektor bidang manufaktur yang mendapat prioritas pengembangan oleh Presiden Joko Widodo dalam mempersiapkan Indonesia memasuki era Revolusi Industri 4.0," pungkas Bamsoet.

(ega/ega)