Pemprov DKI Uji Coba Jalur Road Bike Sudirman-Thamrin Mulai Besok

Tiara Aliya - detikNews
Minggu, 06 Jun 2021 08:56 WIB
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta mulai besok akan menggelar uji coba jalur road bike di sepanjang kawasan Sudirman-Thamrin. Uji coba akan dilaksanakan setiap hari Senin hingga Jumat.

"Mulai hari Senin akan dilaksanakan pula uji coba lintasan road bike di Jalan Sudirman-Thamrin yang akan berlaku selama jam 5.00-6.30 WIB. Jadi uji coba akan dilaksanakan seminggu ke depan, Senin sampai Jumat pada pagi hari akan ada lintasan road bike," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo di JLNT Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (6/6/2021).

Syafrin menjelaskan pengguna road bike akan diarahkan untuk melintas di lajur kiri, tepatnya di sebelah jalur sepeda permanen Sudirman-Thamrin. Uji coba akan berlangsung pada pukul 05.00-06.30 WIB.

"Untuk tahap uji coba awal para pengguna road bike akan menggunakan lajur kiri. Setelah jalur permanen sepeda, maka ada lajur kiri, maka pesepeda road bike akan diarahkan ke lajur kiri dari jam 5.00-6.30 WIB," jelasnya.

Jalur khusus road bike ini akan berbentuk pop up bike line. Selama uji coba, petugas akan mengarahkan road bikers untuk melintasi lajur sebelah kiri.

"Untuk uji coba lintasan road bike di Sudirman-Thamrin pada saat uji coba tidak dilakukan penambahan pemisah lajur. Jadi diarahkan seluruh penggiat road bike menggunakan lajur paling kiri. Jika di sana ada tiga lajur, 2 lajur kendaraan bermotor di satu lajur pada jam 5-6.30 itu difokuskan pada kegiatan road bike," ujarnya.

Selain itu, petugas gabungan Dinas Perhubungan, Satpol PP dan Polri akan disiagakan di sepanjang jalur di Sudirman-Thamrin. Tim medis juga akan ditempatkan di area tersebut.

"Untuk pelaksanaan uji coba besok maka akan asa 93 anggota kepolisian, kemudian dari Dishub sekitar 100 personel, dan juga disiapkan ambulance dari dinas kesehatan 2 unit," ucapnya.

Syafrin juga menegaskan saat ini uji coba jalur road bike di jalan raya non tol (JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang masih berlangsung. Selama uji coba berlangsung, kata dia, terjadi peningkatan jumlah road bikers yang melintasi kawasan ini mencapai 74%.

Karena itu, Pemprov DKI pun memutuskan untuk memperluas uji coba jalur road bike di kawasan Sudirman-Thamrin.

"Dari hasil evaluasi terkait dengan pelaksanaan uji coba ketiga, dari dua kali berturut pelaksanaan uji coba road bike terjadi peningkatan yang signifikan. Jumlah pesepeda yang melintas di kawasan ini sebesar 74% jumlah pengguna road bike yang beraktivitas di JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang," ungkapnya.

(mae/mae)