Printerous Cetak dan Pasang Spanduk ke Ratusan Ribu Mitra Tokopedia

Khoirul Anam - detikNews
Sabtu, 05 Jun 2021 14:51 WIB
Printerous
Foto: Printerous
Jakarta -

Platform cetak online Indonesia Printerous bekerja sama dengan marketplace Tokopedia dalam meningkatkan efisiensi biaya dalam pemenuhan kebutuhan cetak hingga 60 persen. Adapun kerja sama tersebut berupa proses pencetakan dan pemasangan ratusan ribu spanduk promosi Tokopedia ke lebih dari 20 kota besar di Indonesia, dari Aceh sampai Makassar.

Disebutkan Printerous memerlukan waktu 7 hingga 12 hari dalam proses pemasangan spanduk. Printerous membantu seluruh proses cetak dari hulu ke hilir secara transparan dalam satu pintu, mulai dari mendesain, mencetak, distribusi, hingga instalasi.

"Menyadari banyaknya kebutuhan cetak promosi dalam sebuah usaha, kami menghadirkan Printerous PRO sebagai solusi efisien untuk mewujudkan proses cetak mulai dari tahapan desain, produksi dan pemasangan materi di satu platform. Tak hanya kemudahan, di sini kami menawarkan transparansi di mana pemesan bisa memonitor proses secara real-time melalui dashboard eksklusif," ucap Chief Commercial Officer Printerous, Ernest Tjahjana dalam keterangan resmi, Sabtu (5/6/2021).

Diketahui Tokopedia juga berupaya meningkatkan produktivitas UMKM melalui Mitra Tokopedia, aplikasi untuk pengembangan usaha retail agar go-digital. Tidak hanya menyediakan platform berjualan produk digital, Tokopedia juga mendukung para mitra dengan pendistribusian materi promosi sebagai sarana branding untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Sebelum menggunakan layanan Printerous PRO, Tokopedia membutuhkan tim berdedikasi untuk menyelesaikan operasional kebutuhan materi promosi setiap mitra yang tersebar di beberapa kota Indonesia. Mulai dari mengedit desain, mencari vendor cetak di berbagai kota, pendistribusian ke masing-masing toko dan memastikan materi promosi telah terpasang dengan baik.

"Sebelumnya, proses yang diperlukan sangat panjang, tentu kami memerlukan SDM, waktu, dan biaya yang tidak sedikit. Hadirnya Printerous PRO sangat membantu kami untuk bisa memfasilitasi para mitra dengan cepat, kini mengatur produksi, distribusi hingga instalasi bisa melalui satu platform. Selain itu, fitur tracking yang tersedia membuat proses jadi transparan dan kita bisa mengetahui status dari masing-masing titik pendistribusian," ucap Business Development of New Retail, Muhazzib, dalam kesempatan yang sama.

Printerous PRO berharap digitalisasi layanan cetak dapat membawa perubahan bagi para merek, khususnya yang memiliki kebutuhan trade marketing atau banyak cabang di penjuru Indonesia agar dapat lebih efisien untuk memenuhi kebutuhan cetak promosi. Waktu, tenaga, bahkan biaya yang dihemat bisa dialihkan untuk pengembangan bisnis, sehingga produktivitas dan laju perekonomian Indonesia dapat melaju lebih cepat.

(mul/ega)