JLNT Kp Melayu-Tanah Abang Ramai Pesepeda Road Bike Pagi Ini

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Sabtu, 05 Jun 2021 07:36 WIB
Pesepeda road bike di JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang (Azhar Bagas/detikcom)
Pesepeda road bike di JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang (Azhar Bagas/detikcom)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta telah meresmikan jalan layang nontol (JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang menjadi lintasan road bike setiap weekend. Sabtu pagi ini, jalan layang nontol (JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang sudah ramai road biker.

Pantauan detikcom di JLNT sisi Tanah Abang, depan City Walk Sudirman, Jakarta Pusat, Sabtu (5/6), road biker berbondong-bondong datang pada pukul 06.40 WIB. Road biker terlihat ramai datang dari kedua arah, yakni dari Tanah Abang dan dari Kampung Melayu.

Tidak ada pembatas barier plastik oranye untuk membagi jalur kendaraan roda empat dengan road bike.

Di lokasi, terpantau tidak ada petugas sama sekali yang berjaga. Hanya satu buah ambulans yang bersiaga di lokasi guna siap untuk menangani keselamatan road biker.

Sejauh ini, tidak ada sepeda selain road bike yang masuk ke JLNT. Mereka terlihat kompak menggunakan helm demi keselamatan bersepeda.

Resmi Jadi Jalur Road Bike

Sebelumnya diberitakan, JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang resmi menjadi jalur khusus pesepeda road bike saat weekend. Hal ini berdasarkan hasil rapat Polda Metro Jaya dan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta.

"Hasil rapat sementara lintasan jalan nontol Kokas yang Karet itu menjadi lintasan permanen road bike setiap Sabtu Minggu saja," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di kantor Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (31/5/2021).

Riza mengatakan ada jam operasional JLNT tersebut yang dikhususkan untuk pesepeda road bike. Jam operasional tersebut mulai pukul 05.00 hingga 08.00 WIB.

Tak hanya itu, road bike kini diperbolehkan melintasi Jalan Sudirman-Thamrin pada hari kerja. Namun road bike hanya melintas di Jalan Sudirman-Thamrin di luar jalur sepeda permanen pada jam tertentu, yakni pukul 05.00-06.30 WIB.

Riza menegaskan, di luar pukul 05.00-06.30 WIB, road bike harus melintas di jalur sepeda permanen.

Simak juga 'Langkah Serius Polisi untuk Tilang Road Biker Nakal':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/isa)