Beredar Flyer Latihan Tembak Rudal, Penyebab Kilatan Cahaya di Gunung Raung?

Ardian Fanani - detikNews
Sabtu, 05 Jun 2021 01:29 WIB
Flyer soal latihan tembak rudal (Dok istimewa)
Foto: Flyer soal latihan tembak rudal (Dok istimewa)
Banyuwangi -

Warga Banyuwangi digegerkan dengan kilatan cahaya dan dentuman di atas Gunung Raung. Di saat yang bersamaan, beredar sebuah flyer informasi mengenai latihan tempur TNI AD di media sosial.

Flyer tersebut juga tersebar di sejumlah aplikasi percakapan pada Jumat (4/6) malam. Netizen menduga kilatan cahaya adalah rudal latihan tempur TNI.

"Hari senin, 31 Mei 2021 s/d Minggu 06 Juni 2021 (selama 7 hari) ada larutan menembak rudal TNI-AD di perairan Pandanwangi - Lumajang. Nelayan dilarang melaut di perairan tersebut (penembakan siang dan malam hari). Awas!!! Ojok lali!!! Jek kalopaen!!!" berikut keterangan foto yang beredar.

Hingga saat ini, belum ada konfirmasi dari TNI AD terkait dengan flyer itu. Menanggapi hal tersebut, Kepala Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung, Mukijo enggan berkomentar banyak terkait dengan hal tersebut.

"Saya tidak bilang berkaitan ya, maksud saya di tempat lain ada info seperti ini," ujar Mukijo kepada detikcom.

Ada kilatan cahaya yang terekam di atas Gunung Raung. Cahaya tersebut tertangkap kamera CCTV Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung.Ada kilatan cahaya yang terekam di atas Gunung Raung. Cahaya tersebut tertangkap kamera CCTV Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung (Foto: Tangkapan Layar)

Mukijo menyebut PPGA Raung masih belum mengetahui penyebab kilatan cahaya yang berada di atas Gunung Raung tersebut. Sebab pihaknya tidak memiliki wewenang melakukan pengamatan benda langit.

"Tupoksi kami tidak mengamati benda langit, hanya kebetulan kamera kami menangkap fenomena tersebut," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, ada kilatan cahaya yang terekam di atas Gunung Raung. Cahaya tersebut tertangkap kamera CCTV Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung pada Jumat (4/6/2021) sekitar pukul 19.51 WIB. Kini foto cahaya tersebut sudah beredar di media sosial.

"Melaporkan, CCTV Pos Pantau Gunung Raung merekam cahaya pada pukul 19.51 WIB. Kami tidak bisa memastikan benda tersebut namun semoga menjawab bahwa suara dentuman bukan dari Gunung Raung," berikut keterangan foto yang beredar.

(isa/isa)