Hari Lingkungan Hidup, Anies Ajak Warga DKI Matikan Lampu 1 Jam Besok

Zunita Putri - detikNews
Jumat, 04 Jun 2021 22:11 WIB
Anies Baswedan (Dok Istimewa)
Foto: Anies Baswedan (Dok Istimewa)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengajak seluruh warga DKI mematikan lampu selama 1 jam untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup sedunia. Anies mengajak warga mematikan lampu pukul 20.30-21.30 WIB pada Sabtu (4/6).

"Izinkan dalam kesempatan Hari Lingkungan Hidup sedunia kali ini, saya mengajak kepada segenap warga Jakarta untuk mematikan lampu pada hari Sabtu 5 Juni 2021 selama satu jam, mulai pukul 20.30-21.30," kata Anies dalam video yang diunggah Pemkot Jaksel seperti dilihat, Jumat (4/6/2021).

Anies mengatakan upaya ini untuk menjaga lingkungan Jakarta. Anies berharap dengan aksi ini bisa membuat lingkungan hidup lebih baik.

"Aksi simbolis yang sangat sederhana merupakan salah satu ikhtiar bersama kita untuk lebih peduli dalam lingkungan, insyallah nantinya lingkungan hidup kita yang sekarang kita tempati bisa kita tinggalkan untuk anak-anak kita dalam kondisi yang baik bahkan lebih baik, dan insyallah nantinya mereka akan bisa memanfaatkan sebagaimana kita selama ini memanfaatkan," ucapnya.

Anies juga mengeluarkan Instruksi Gubernur terkait pemadaman listrik ini. Dalam instruksi itu, Anies meminta seluruh bangunan/gedung Kantor Pemerintah dan swasta serta tujuh simbol Jakarta mematikan lampu.

Tujuh simbol kota Jakarta, yaitu:

1. Balaikota Pemerintah Provinsi DKI Jakarta;
2. Monumen Nasional dan Air Mancurnya;
3. Patung Arjuna Wiwaha dan Air Mancurnya;
4. Bundaran Hotel lndonesia dan Air Mancurnya;
5. Patung Pemuda dan Air Mancurnya;
6. Patung Pahlawan; dan
7. Patung Jenderal Sudirman.

Menindaklanjuti arahan Anies, Pemkot Jakarta Selatan membuat surat edaran isinya meminta camat dan lurah se-Jakarta Selatan mengajak warganya mematikan lampu. Surat edaran dibuat oleh Plt Wali Kota Jaksel, Isnawa Adji ditujukan ke Camat Kecamatan Kota Administrasi Jaksel dan Lurah Kelurahan Kota Administrasi Jaksel.

"Dalam rangka melaksanakan Aksi Hemat Energi dan Pengurangan Emisi Karbon, serta memperingati Hari Lingkungan Hidup Tahun 2021, agar melakukan pemadaman lampu pada Sabtu 5 Juni 2021 pukul 20.30-21.30 WIB," bunyi surat edaran itu seperti dilihat, Jumat (4/6/2021).

Isnawa juga meminta Camat dan Lurah sosialisasi ke masyarakat tentang instruksi ini. Dia berharap masyarakat berpartisipasi dalam aksi ini.

(zap/mae)