Bandara Ilaga Papua Ditutup Usai Bangunan-Pesawat Dibakar KKB

Saiman - detikNews
Jumat, 04 Jun 2021 18:40 WIB
Ilustrasi Kebakaran. Andhika Akbarayansyah/detikcom.
Ilustrasi kebakaran (Foto: Thinkstock)
Puncak -

Bandara Aminggaru di Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, ditutup sementara. Bandara itu ditutup sementara usai bangunan hingga pesawat parkir dibakar Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

"Untuk sementara waktu bandara Aminggaru di tutup untuk penerbangan karena situasi keamanan," kata Kepala Unit Penyelenggara Bandara Udara (UPBU) Ilaga, Herman Sujito, saat dimintai konfirmasi, Jumat (4/6/2021).

Herman tidak menjelaskan kapan bandara akan kembali dibuka. Dia hanya menegaskan, bandara baru akan dibuka jika situasi sudah aman.

"Kalau sudah ada pemberitahuan dari keamanan bahwa kawasan bandara aman baru akan dibuka kembali," ujarnya.

Sebelumnya, KKB membakar tower dan bangunan kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Ilaga yang juga merupakan kantor UPBU dan Kantor Airnav, di Bandara Aminggaru. Peristiwa pembakaran itu terjadi pada Kamis (3/6) kemarin.

Selain itu, pesawat yang tengah parkir di bandara juga dibakar kelompok teroris KKB. Pesawat yang dibakar itu milik PT Dabi Air.

"Iya benar ada satu Unit pesawat yang sedang terparkir di bandara di bakar," kata Herman.

Herman menambahkan, pesawat milik PT Dabi Air yang dibakar itu parkir di Bandara Aminggaru Ilaga sejak bulan Maret 2019. Pesawat itu sebelumnya sempat mengalami insiden saat landing 2 tahun lalu.

Kelompok kriminal bersenjata (KKB) membakar tower di Bandar Udara Aminggaru Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua. Kejadian ini berdekatan dengan peristiwa pembakaran bangunan kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Ilaga yang juga merupakan kantor Unit Penyelenggara Bandara Udara (UPBU) dan Kantor Airnav.

Kapolda Papua Irjen Mathius Fakhiri membenarkan KKB membakar tower di Bandara Aminggaru Ilaga. Peristiwa itu terjadi pada Kamis (3/6) malam. Selain membakar tower, KKB juga membakar ruang tunggu bandara, perumahan perhubungan udara, dan satu rumah warga.

Baku tembak antara KKB dan personel Paskhas TNI AU yang bertugas mengamankan bandara juga sempat terjadi.

"Baku tembak terjadi pada hari Kamis sekitar pukul 17.40 WIT," kata Irjen Mathius Fakhiri seperti dilansir Antara, Jumat (4/6/2021).

(mae/mae)