Suara Mahasiswa

GMKI Kritik Restrukturisasi Polis, Disebut Rugikan Nasabah Jiwasraya

Arief Ikhsanudin - detikNews
Jumat, 04 Jun 2021 13:30 WIB
GMKI bertemu dengan Forum Nasabah Korban Jiwasraya (FNKJ).
GMKI bertemu dengan Forum Nasabah Korban Jiwasraya. (Foto: dok. GMKI)

Seperti diketahui, program restrukturisasi Jiwasraya ini merupakan sebuah pilihan. Apabila sampai pada batas waktu yang sudah ditentukan para pemegang polis itu tetap tidak ikut restrukturisasi, akan ditinggal di Jiwasraya dengan sejumlah aset yang unclean dan unclear.

Karena itu, pemegang polis yang tidak ikut restrukturisasi statusnya akan berubah bukan pemegang polis lagi. "Mereka beralih menjadi piutang, utang-piutang, karena proses hukum dan segala macamnya. Kita tetap mengikuti ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku. Kalau itu perdata, ya kita ikuti prosesnya," jelas Koordinator juru bicara Tim Percepatan Restrukturisasi Jiwasraya, R Mahelan Prabantarikso, saat ditemui detikcom di kantornya, ditulis Senin (10/5).

Mahelan menyatakan, setelah program restrukturisasi ini tuntas, izin operasional Jiwasraya ini akan dikembalikan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK). "Jadi Jiwasraya akan jadi apa, akan kita kembalikan ke pemegang saham. Prinsipnya mereka tetap mengelola aset yang tertinggal di Jiwasraya," tambah dia.


(aik/tor)