Cegah Stunting, Pemkab Kebumen Gelar Lomba Cipta Menu Berbahan Talas

Rinto Heksantoro - detikNews
Kamis, 03 Jun 2021 21:01 WIB
Bupati Kebumen serahkan hadiah ke pemenang lomba Cipta Menu
Foto: Pemkab Kebumen
Kebumen -

Sebanyak 26 kecamatan di Kebumen mengikuti Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) Tingkat Kabupaten dengan bahan dasar talas. Lomba tersebut digelar untuk meningkatkan potensi agar Kebumen terhindar dari stunting.

Dengan berbahan dasar talas, peserta yang terdiri dari Tim Penggerak PPK di seluruh kecamatan di Kebumen ini membuat aneka ragam makanan daerah. Lomba berlangsung di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen, Kamis (3/6/2021).

Terlihat beragam makanan disajikan dengan bahan dasar talas di antaranya burger talas, pizza talas, bubur talas, roket talas, lontong talas, brownis talas, getuk talas, tempe talas, serabi talas, pancake talas, juz talas, serta masih banyak menu yang lain.

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto mengatakan lomba makanan berbahan dasar talas ini diadakan sekaligus untuk memberikan pesan bahwa membuat makanan yang beragam, dengan gizi yang seimbang tidak harus dengan bahan yang mahal karena cukup dengan bahan dari kearifan lokal. Potensi itu juga dikembangkan agar Kebumen terhindar dari stunting.

"Potensi ini tentunya bisa terus dikembangkan agar Kebumen terhindar dari stunting. Kreativitas ini juga bisa terus dikembangkan karena bisa bernilai ekonomis ke depannya," kata Arif.

Ia bersyukur warga Kebumen punya potensi luar biasa dalam hal kuliner. Nyatanya, pada 2019 lalu Kebumen mampu menjadi juara I nasional untuk kategori lomba B2SA yang diadakan di Kendari, Sulawesi Tenggara. Kemudian pada 2020 menyabet juara II tingkat Jawa Tengah untuk kategori lomba yang sama.

Dalam lomba itu, TP PKK Kecamatan Sruweng menjadi juara harapan III, juara harapan II diraih TP PKK Kecamatan Bonorowo, juara harapan I diraih TP PKK Kecamatan Sruweng. Adapun juara III diraih oleh TP PKK Kecamatan Padureso, juara II diraih TP PKK Kecamatan Ambal, dan juara I diraih TP PKK Kecamatan Adimulyo.

"Saya ucapkan kepada seluruh pemenang, terus gali dan tingkatkan potensi kalian. Untuk yang juara I kalian nanti yang akan mewakili Kebumen untuk maju berlomba tingkat Provinsi Jawa Tengah. Jadi jangan berhenti belajar dan teruslah berkarya," imbuhnya.

Bertindak selaku dewan juri pada lomba cipta menu kali ini adalah Kepala Bidang Konsumsi dan Penganekaragaman Pangan Distapang Jawa Tengah, Ignasius Haryanta Nugraha, perwakilan Perkumpulan Chef Indonesia Ferry Angga, dan Dosen UNS Prof Sri Budi Wahyuningsih.

Hadir dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kebumen Iin Windarti Sugiyanto dan jajaran terkait.

(fhs/ega)