Polisi Periksa 9 Saksi Terkait Mobil Tercebur di Danau Toba

Ahmad Arfah Fansuri - detikNews
Kamis, 03 Jun 2021 19:04 WIB
Mobil tercebur di Danau Toba saat keluar dari keluar dari kapal (dok Polda Sumut)
Mobil tercebur di Danau Toba saat keluar dari kapal. (dok Polda Sumut)
Medan -

Polisi masih menyelidiki kasus mobil tercebur di Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut). Ada sembilan saksi yang sudah diperiksa polisi.

"Penyidik sudah melakukan pemeriksaan sembilan orang saksi untuk memastikan penyebab mobil tercebur saat keluar dari KMP (Kapal Motor Penumpang) Ihan Batak," tutur Kasubbid Penmas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan, Kamis (3/6/2021).

Nainggolan mengatakan pihaknya juga akan melibatkan ahli ke Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) dan Dirjen Hubungan Darat Kemenhub RI untuk memeriksa hal ini. Dari hasil pemeriksaan sementara, kata Nainggolan, kecelakaan terjadi karena rantai kapal yang lepas.

"Kecelakaan itu dikarenakan ramp door (rantai) KMP Ihan Batak terlepas sehingga saat mobil keluar dari kapal terjatuh ke danau. Dan kapal bergerak pada saat bersandar di dermaga karena sling ramp door keluar dari porosnya," jelasnya.

Sebelumnya, sebuah mobil tercebur ke Danau Toba saat hendak keluar dari kapal. Akibatnya, satu orang penumpang di mobil meninggal dunia.

Plt Kepala Dinas (Kadis) Perhubungan Samosir, Sardo Sirumapea, mengatakan mobil tersebut hendak keluar dari KMP Ihan Batak untuk masuk ke Pelabuhan Ambarita. Peristiwa itu terjadi pada Senin (31/5) sekitar pukul 15.00 WIB.

"Jumlah penumpang dalam mobil empat orang. Satu penumpang mobil jenis kelamin perempuan meninggal, tiga orang selamat," kata Sardo saat dikonfirmasi.

Sardo mengatakan peristiwa ini terjadi saat kapal sudah bersandar di dermaga untuk menurunkan penumpang. Saat itu terjadi angin kencang sehingga kapal terus bergerak.

"Tiba-tiba angin kencang dan berputar sehingga mengakibatkan kapal maju mundur dan mengakibatkan tali tross kapal putus. Setelah kapal mundur, ramp door (pintu rampa) terlepas dari movable bridge, sehingga rantai ramp door juga putus," ucapnya.

Lihat Video: Mobil Tercebur ke Danau Toba, Begini Detik-detik Penyelamatannya!

[Gambas:Video 20detik]



(jbr/jbr)