Hari Sepeda Sedunia, Anies Terbitkan Seruan Gowes ke Kantor Hari Ini

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Kamis, 03 Jun 2021 10:10 WIB
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyerukan kepada seluruh warga Ibu Kota berangkat ke kantor menggunakan sepeda hari ini. Seruan ini dibuat dalam rangka memperingati Hari Sepeda Sedunia.

Seruan Gubernur DKI Jakarta Nomor 7 Tahun 2021 ini ditandatangani Anies Baswedan pada Rabu, 2 Juni 2021.

"Khusus pada 3 Juni 2021, seluruh warga Jakarta agar menggunakan sepeda sebagai sarana transportasi menuju kantor atau tempat aktivitas lainnya, baik perorangan maupun komunitas," tulis Anies dalam seruannya.

Mantan Mendikbud itu juga meminta masyarakat perorangan maupun komunitas bersepeda dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

"Tetap mematuhi protokol pencegahan COVID-19 beserta penegakan disiplin yang dilakukan oleh Satpol PP bersama perangkat daerah terkait dan aparat TNI/Polri," jelasnya.

"Seruan Gubernur ini menjadi perhatian dan agar dilaksanakan sebagaimana mestinya," sambungnya.

Anies Bersepeda ke Balai Kota

Sebagaimana diketahui, hari ini diperingati sebagai Hari Sepeda Dunia atau World Bicycle Day. Anies Baswedan memperingati Hari Sepeda Dunia ini dengan bike to work atau bersepeda dari rumah ke kantornya.

Anies juga mengunggah kegiatannya bersepeda dari kediamannya di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, ke kantornya di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, di Instagram story.

Dilihat detikcom, Kamis (3/6/2021), Anies, yang mengenakan batik berwarna merah, tampak melewati kawasan Panglima Polim, Jakarta Selatan. Dia dan rombongan kemudian terlihat melintasi kawasan Sudirman-Thamrin. Mereka tampak bersepeda di dalam jalur sepeda yang disediakan.

Anies tak sendiri dalam kegiatan bike to work ini. Duta Besar Belanda untuk Indonesia Lambert Grijn, Duta Besar Denmark untuk Indonesia Lars Bo Larsen, hingga anggota BPK RI juga ikut gowes bersama Anies menuju ke kantor masing-masing.

"Saya juga berangkat dari rumah saya. Kalau diitung kilometer, 19 km sampai ke Balai kota. Lalu tadi kita berkumpul di Bundaran Senayan. Bersama-sama kami adalah anggota 5 BPK RI, Prof Bahrullah Akbar, Dubes Belanda, Dubes Denmark, dan komunitas bike to work," tutur Anies di Balai Kota, Kamis (3/6/2021).

(isa/isa)