Round-Up

Manuver Ganjarist Kala Ganjar Pranowo Disemprit Bikin Geger

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 03 Jun 2021 07:06 WIB
Deklarasi Relawan Ganjarist, pendung Ganjar Pranowo
Foto: Dok. Ganjarist
Jakarta -

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo disebut membuat geger di partainya, PDIP karena disebut berkeinginan jadi capres. Di tengah itu, muncul Ganjarist (Ganjar Pranowo Menuju Indonesia Satu).

Ganjarist jelas-jelas mendukung Ganjar maju sebagai Capres di 2024. Alasannya, Ganjar dinilai tepat melanjutkan kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kami menyepakati untuk mengusung Pak Ganjar Pranowo sebagai salah satu putra terbaik bangsa yang kira-kira paling kompatibel yang bisa melanjutkan apa yang sudah dikerjakan oleh Pak Jokowi. Ini saatnya berarti harus ada kandidat yang lebih fresh, lebih punya kapabilitas yang kira-kira kompatibel dengan Pak Jokowi," ujar Ketua Umum (Ketum) Ganjarist, Mazdjo Pray, dalam jumpa pers di Hotel Neo+, Jakarta Selatan, Selasa (1/6/2021).


Keberadaan Ganjarist dinilai menjadi satu manuver di tengah kondisi politik PDIP. Pasalnya, menurut Direktur Parameter Politik Adi Prayitno, tiket Pilpres 2024 dari PDIP sudah ditentukan.

"Pada level elit PDIP, sebenarnya sudah selesai rivalitas Ganjar-Puan. Bisa dipastikan tiket capres untuk Puan (Puan Maharani) bukan pada Ganjar," kata Adi kepada wartawan, Rabu (2/6/2021).

"Setidaknya jika diukur dari kecenderungan belakangan di mana nama Ganjar 'diharamkan' gerilya capres. Pada saat bersamaan Puan laris manis disimulasikan berpasangan dengan Prabowo, Anies, dan PKB juga 'melamar' Puan duet dengan Cak Imin," sambungnya.

Bagi Adi, Ganjarist adalah gerak pendukung Ganjar di akar rumput. Konflik antar Ganjar-Puan belum selesai dan masih akan berlanjut.

"Pada level publik pertarungan masih sengit. Pendukung Ganjar dan Puan terus saling proganda. Deklarasi Ganjarist kemarin menegaskan dukungan ke Ganjar terus mengalir," ujarnya.

Kemunculan Ganjarist dapat mengganggu eksistensi Ganjar di PDIP. Ganjar, lebih baik memberi klarifikasi kepada elit PDIP soal gerakan Ganjarist.

"Tentunya PDIP terganggu dengan deklarasi Ganjarist karena soal pencapresan sudah dikunci untuk Puan. Jika tak ada klarifikasi resmi secara terbuka terkait Ganjarist, Ganjar bisa dituding membangkang perintah partai karena membiarkan 'relawannya' terus gerilya," ucap Adi.

"Ganjar terlanjur ditegur keras untuk stop bermanuver soal pilpres. Ini bisa kontraproduktif dengan pujian Ganjar terhadap Puan," imbuhnya.

Simak juga 'Diisukan Tak Disukai DPC PDIP, Ganjar: Malah Nggak Tahu Saya':

[Gambas:Video 20detik]