KPI Tindaklanjuti Aduan Netizen soal Sinetron Suara Hati Istri Zahra

Isal Mawardi - detikNews
Rabu, 02 Jun 2021 12:42 WIB
ILustrasi KPI, KPI
Komisi Penyiaran Indonesia (Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET)
Jakarta -

Sejumlah netizen mengecam sinetron Suara Hati Istri Zahra yang tayang di Indosiar karena salah satu pemerannya yang masih berusia 15 tahun, berperan sebagai istri ketiga. Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) tengah menindaklanjuti aduan netizen.

"Saya teruskan ke tim pengaduan agar bisa ditindaklanjuti dengan pemeriksaan tayangan," kata Wakil Ketua KPI Mulyo Hadi Purnomo kepada detikcom, Rabu (2/6/2021).

Mulyo mengatakan akan memeriksa rekaman tayangan sinetron Suara Hati Istri Zahra. "Biasanya besok (red-sekarang) langsung dicek direkaman tayangan," tuturnya.

Warga Bisa Lapor KPI

Sementara itu, Komisioner KPI, Mohamad Reza, mengatakan masyarakat dapat melaporkan tayangan-tayangan yang dirasa tidak pantas tayang.

"Jika masyarakat ingin mengadukan tayangan-tayangan yang dianggap tidak sesuai, bisa melalui pengaduan KPI," imbuh Reza.

detikcom telah berupaya menghubungi pimpinan pihak stasiun televisi yang menayangkan sinetron tersebut. Namun hingga berita ini terbit, belum ada tanggapan.

Diketahui, sinetron Suara Hati Istri Zahra dikecam oleh sejumlah netizen karena dianggap membiarkan praktek pedofilia. Karena, salah satu pemerannya yang bernama Lea Ciarachel berperan sebagai istri ketiga. Padahal umur Lea Ciarachel sendiri masih berusia 15 tahun.

detikcom juga telah berupaya meminta pemeran sinetron tersebut melalui DM IG. Namun keduanya belum merespons.

Simak juga video 'Bukan Dilarang, KPI Harus Mengkaji soal Durasi dan Frekuensi Penayangan':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/tor)