Ganjar Disemprit, Ganjarist Gas Pol

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 02 Jun 2021 12:15 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Ikut Mencoba JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang
Ganjar Pranowo (Tiara Aliya Azzahra/detikcom)
Jakarta -

Ganjar Pranowo disemprit PDIP karena dianggap berambisi nyapres terlalu awal. Namun, saat Ganjar Pranowo disetop, relawan Ganjarist malah gas pol deklarasi.

Apakah Ganjarist adalah manuver Ganjar Pranowo menggalang dukungan relawan menuju Pilpres 2024 ataukah keduanya tak berhubungan?

Seperti diberitakan sebelumnya, Ganjar Pranowo mendapat peringatan keras dari PDIP dengan tak diundang ke acara yang dihadiri Puan Maharani. Acara ini diselenggarakan PDI Perjuangan Jawa Tengah.

Ketua DPD PDIP Jawa Tengah Bambang Wuryanto menyebut Ganjar Pranowo terlalu berambisi nyapres. Ganjar juga disebut bermanuver dengan memanfaatkan media sosial dan dituding punya pasukan khusus. Ganjar menepis semua tudingan itu.

"Saya kan bermedsos sudah cukup lama sejak (masih menjabat) DPR," jawab Ganjar, Senin (24/5/2021).

Ganjar juga mengaku tak enak hati dihadap-hadapkan dengan Puan Maharani. Dia mengaku hormat dengan Puan yang disebutnya sebagai komandan tempur itu.

Di saat Ganjar belum terang-terangan menyatakan kesiapan maju Pilpres 2024, muncul relawan yang menamakan diri Ganjarist.

Mereka mendeklarasikan diri untuk mendukung Ganjar Pranowo maju sebagai calon presiden (capres) pada 2024. Ketua Umum (Ketum) Ganjarist, Mazdjo Pray, mengungkapkan bahwa Ganjarist merupakan kelompok relawan yang diisi oleh berbagai latar belakang.

"Kami menyepakati untuk mengusung Pak Ganjar Pranowo sebagai salah satu putra terbaik bangsa yang kira-kira paling kompatibel yang bisa melanjutkan apa yang sudah dikerjakan oleh Pak Jokowi. Ini saatnya berarti harus ada kandidat yang lebih fresh, lebih punya kapabilitas yang kira-kira kompatibel dengan Pak Jokowi," ujar Mazdjo Pray dalam jumpa pers di Hotel Neo+, Jakarta Selatan, Selasa (1/6/2021).

Siapa Ganjarist? Mazjdo menerangkan, Ganjarist berisi orang-orang dari dari berbagai unsur. Rata-rata memiliki latar belakang sebagai aktivis.

Ganjarist mengaku bergerak sendiri tanpa arahan Ganjar. Perihal Ganjarist ini, Ganjar belum bersuara.

Simak juga 'Diisukan Tak Disukai DPC PDIP, Ganjar: Malah Nggak Tahu Saya':

[Gambas:Video 20detik]

(gbr/van)